Breaking News:

Berita Bireuen

Ratusan Santri Bireuen Ikut Seleksi Beasiswa Hafiz, Ini Kuota dan Nilainya untuk 1 Juz Hingga 30 Juz

Para santri calon penerima beasiswa dari Pemkab Bireuen itu dibagi beberapa kelompok dan pemohon mulai mengikuti seleksi.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Jufliwan SH MM, Kadis Pendidikan Dayah Bireuen 

Para santri calon penerima beasiswa dari Pemkab Bireuen itu dibagi beberapa kelompok dan pemohon mulai mengikuti seleksi.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Tahun ini Pemkab Bireuen melalui Dinas Pendidikan Dayah mengalokasikan beasiswa bagi santri berprestasi Bidang Hafiz Alquran.

Para santri calon penerima beasiswa dari Pemkab Bireuen itu dibagi beberapa kelompok dan pemohon mulai mengikuti seleksi.

Kadis Pendidikan Dayah Bireuen, Jufliwan SH MM, menyampaikan hal ini kepada Serambinews.com, Senin (18/10/2021). 

Menurutnya, bantuan beasiswa  pembinaan untuk para santri dibagi beberapa kelompok mulai dari kategori hafiz 1 juz, 3 juz, 5 juz, 10, juz, 20 juz, dan 30 juz.

Besarnya bantuan beasiswa, kata Jufliwan ditetapkan menurut kategori mulai hafiz 1 juz sampai hafiz 30 juz.

Adapun kuota yang mendapatkan bantuan beasiswa, yaitu kategori 1 juz 94 orang, 3 juz 88 orang. Kemudian 5 juz 45 orang, 10 juz  50 orang, 20 juz 40 orang, dan 30 juz 10 orang.

Baca juga: 1.000 Santri Berprestasi Dapat Beasiswa, Diserahkan Bupati Dalam Sidang Paripurna di DPRK Bireuen

Baca juga: Ombudsman Sebut Proses Seleksi Beasiswa Aceh tak Transparan

Baca juga: 2 Kapolda Lewat, MaTA Gantungkan Harapan pada Irjen Pol Ahmad Haydar Tuntaskan Korupsi Beasiswa

Menyangkut besarnya bantuan beasiswa untuk golongan 1 juz Rp 500 ribu/orang, golongan 3 juz  Rp 1 juta/orang, 5 juz mendapatkan Rp 2 juta/orang, 10 juz Rp 5 juta/orang, 20 juz Rp 7 juta/orang, dan 30 juz Rp 10 juta/orang.

Jufliwan menambahkan hingga kini sebanyak 411 santri sudah mengajukan permohonan untuk memperoleh bantuan beasiswa  dan mengikuti seleksi yang dilakukan tim dari Dinas Pendidikan Dayah Bireuen.

“Bantuan beasiswa dikhususkan bagi santri asal Bireuen  yang menempuh pendidikan dayah di Bireuen dan berasal dari keluarga kurang mampu,” ujarnya.

Disebutkan, para pemohon beasiswa  mengikuti tes hafiz Alquran 18-21 Oktober 2021.

“Sebagian sedang mengikuti seleksi dengan panitia seleksi,” ujarnya.

Jufliwan menambahkan, melihat banyaknya santri yang mendaftar atau keikutsertaan sebagai calon penerima beasiswa sudah banyak calon hafiz di Bireuen

Lebih dari itu, diharapkan akan semakin banyak lahir hafiz-hafizah untuk kemajuan Bireuen nantinya dan mengharumkan nama orang tua, dayah, daerah, masyarakat, maupun orang tua. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved