Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Rentenir Berkedok Koperasi Ilegal Bergentayangan Cari Mangsa di Aceh Tengah, Haji Uma Ikut Bereaksi

Benar saja, mereka menemukan ada beberapa kantor rentenir berkedok koperasi yang tidak mengantongi izin alias ilegal masih beroperasi.

Penulis: Budi Fatria | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman alias Haji Uma 

Laporan Budi Fatria | Bener  Meriah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman alias Haji Uma mengaku prihatin terhadap rentenir berkedok koperasi ilegal yang masih ditemukan beroperasi di Kabupaten Aceh Tengah.

Awalnya, hal itu terungkap berdasarkan laporan dari pihak Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Tengah kepada Haji Uma saat berkunjung ke kantor tersebut, Senin (18/10/2021).

Mengetahui informasi itu, Haji Uma langsung mengajak dinas tersebut untuk mengadvokasi langsung ke lapangan.

Benar saja, mereka menemukan ada beberapa kantor rentenir berkedok koperasi yang tidak mengantongi izin alias ilegal masih beroperasi.

“Sebelumnya, saya sudah melakukan advokasi terkait rentenir berkedok koperasi ilegal ini di Subulussalam dan Aceh Singkil, masalahnya sama seperti di Aceh Tengah,” ujar Haji Uma kepada Serambinews.com, Senin (18/10/2021).

Lanjutnya, di Aceh Tengah, ia menemukan ada sebanyak empat kantor rentenir berkedok koperasi ilegal yang masih beroperasi.

Baca juga: VIDEO Setelah Sekian Lama tak Mau ke RS, Haji Uma Berhasil Bujuk Pria Penderita Diabetes Berobat

Menurut Haji Uma, praktek rentenir ini dinilai sudah melanggar Undang-undang tentang koperasi dan Qanun Aceh No 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Di mana, qanun tersebut mengatur tentang kegiatan lembaga keuangan untuk mewujudkan ekonomi masyarakat Aceh yang adil dan sejahtera dalam naungan syariat Islam.

Maka dari itu, sebut Haji Uma, rentenir berkedok koperasi ilegal tersebut sangat bertentangan dengan Qanun LKS.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved