Breaking News:

Kenaikan Air Laut

Adopsi Sistem dari Belanda, Kawasan Perumahan di Jakarta Ini Mampu Antisipasi Kenaikan Air Laut

Ketua Lembaga Riset Kebencanaan Ikatan Alumni ITB Heri Andreas menyampaikan, kekhawatiran akan tenggelamnya suatu wilayah bisa dihindari...

Editor: Eddy Fitriadi
Istimewa
Ilustrasi kawasan Pantai Indah Kapuk 2 di Jakarta. Kawasan perumahan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Jakarta mengadopsi sistem polder dari Belanda guna mengantisipasi kenaikan air laut dan penurunan muka tanah. 

SERAMBINEWS.COM - Kawasan perumahan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Jakarta mengadopsi sistem polder dari Belanda guna mengantisipasi kenaikan air laut dan penurunan muka tanah.

Sistem anti banjir moderen ini dirancang oleh konsultan ternama PT Witteveen Bos Indonesia.

“Kawasan PIK2 menggunakan sistem polder, sehingga dijamin memiliki ketahanan terhadap banjir yang tinggi,” Deputy Director PT Witteveen Bos Indonesia, Sawarendro, Selasa (19/10/2021).

Kata Sawerendro, keberadaan danau di dalam kawasan sangatlah penting seperti di kawasan Pasir Putih Residences PIK2. 

Kawasan Pasir Putih Residences PIK2 memiliki luas sekitar 150 hektare (ha).

Lebih dari 10 persen areanya didedikasikan sebagai area penampungan air. 

Tepatnya sekitar 16,2 ha area berupa danau yang tidak hanya cantik, sekeliling danau penampungan air ini juga didesain dengan sangat eksklusif, yaitu dengan hamparan pasir putih yang eksotis di sepanjang pinggir danau.

Jelas terlihat danau yang berada di dalam kawasan Pasir Putih Residences PIK2 memiliki fungsi ganda. 

Pertama sebagai bagian penting dari sistem pengelolaan air dan pencegahan banjir serta yang kedua sebagai fasilitas dan sarana rekreasi penghuni.

"Kawasan residensial lainnya di Indonesia yang diharapkan mampu memerhatikan dengan teliti dan seksama mengenai sistem pengelolaan air yang baik, sehingga mampu menekan serendah mungkin resiko terjadinya banjir," terang dia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved