Breaking News:

Berita Aceh Barat

Dosen UTU Latih Warga Racik Pengolahan Menu Diet untuk Penderita Diabetes di Aceh Barat

Dijelaskannya, pengolahan salah satu menu dari 10 daftar menu yang telah diberikan kepada masyarakat yaitu salah satunya kangkung tumis.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Saifullah
Foto kiriman Enda
Dosen dan mahasiswa UTU beserta warga foto bersama pada kegiatan pelatihan pengolahan menu diet dan diabetes di Desa Kampung Belakang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Senin (19/10/2021). 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Para dosen dan mahasiswa dari Prodi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Teuku Umar (UTU) melatih warga dalam meracik pengolahan menu diet dan olahraga untuk untuk penderita prediabetes dan diabetes ke sejumlah gampong, salah satunya di Desa Gampong Belakang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pengabdian masyarakat yang dinilai penting guna mengajak masyarakat secara bersama untuk menanggulangi masalah gizi pada penderita diabetes di masyarakat, karena dampak yang ditimbulkan sangat besar.

“Pengabdian ini dilakukan selama 5 bulan yang berlangsung sejak Juli hingga Oktober 2021, dengan penyuluhan pencegahan diabetes, lalu pelatihan pengolahan menu anti diabetes, pelatihan olahraga anti diabetes, pendamping dan pengontrolan pola makan oleh kader yang terlatih kepada keluarga dan masyarakat risiko diabetes,” kata Dosen Prodi Gizi FKM, UTU, Enda Silvia Putri, SKM, MKes kepada Serambinews.com, Selasa (19/10/2021).

Dijelaskannya, pengolahan salah satu menu dari 10 daftar menu yang telah diberikan kepada masyarakat yaitu salah satunya kangkung tumis.

Ia menambahkan, dalam kegiatan tersebut peserta penyuluhan dari para kader anti prediabetes dan diabetes yang terdiri dari ibu-ibu yang sangat antusias dan mendapat informasi yang bermanfaat guna menambah keterampilan.

Sementara para dosen yang terlibat dalam kegiatan itu dari Prodi Gizi yakni Enda Silvia Putri, Khairunnas, Marniatai, beserta sejumlah mahasiswa Prodi Gizi yang bekerja sama dengan LPPM UTU dalam rangka pengabdian masyarakat.

Baca juga: Universitas Teuku Umar Sukses Memenangkan 13 Kompetisi Tahun 2021

Baca juga: Penerimaan CPNS Universitas Teuku Umar Meulaboh, Berikut Rincian Formasinya

Baca juga: HIMAGI Universitas Teuku Umar Sampaikan Pesan Gizi dan Hidup Sehat di Hari Gizi

“Pengabdian ini sangat penting dilakukan guna mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk menanggulangi masalah gizi pada penderita diabetes di masyarakat, karena dampak yang ditimbulkan sangat besar,” jelasnya.

Disebutkan, bahwa selain menyebabkan penurunan berat-badan, lemas dan kurang produktif pada penderita diabetes dan juga berada pada kelompok rentan terkena Covid-19 dan berbagai penyakit tidak menular.

Mereka yang menderita penyakit tersebut tentunya akan menjadi kurang produktif dalam bekerja.

“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu upaya perbaikan gizi masyarakat dan bisa terus dilakukan bersama membuat bangsa dan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik,” paparnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved