Breaking News:

Jurnalisme Warga

Ali Mughayat Syah; Pelopor Kedigdayaan Islam di Asia Tenggara

Pada tahun 1453, Sultan Turki Usmani, Muhammad Al-Fatih, membuktikan keabsahan nubuat (wahyu yang diturunkan kepada) Nabi Muhammad saw

Editor: bakri
Ali Mughayat Syah; Pelopor Kedigdayaan Islam di Asia Tenggara
FOR SERAMBINEWS.COM
T. M. ICHSAN, penulis buku "Memori Kolektif Aceh: Membangkitkan Spirit Keacehan di Era Kontemporer", terbitan PTĀ  Bandar Publishing, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH T. M. ICHSAN, penulis buku "Memori Kolektif Aceh: Membangkitkan Spirit Keacehan di Era Kontemporer", terbitan PT  Bandar Publishing, melaporkan dari Banda Aceh

Pada tahun 1453, Sultan Turki Usmani, Muhammad Al-Fatih, membuktikan keabsahan nubuat (wahyu yang diturunkan kepada) Nabi Muhammad saw mengenai penaklukan Konstantinopel, sebuah kota terpenting dan terkuat di dunia.

Baginda Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya akan dibuka Kota Konstantinopel, sebaik-baik pemimpin adalah yang memimpin saat itu dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan perang saat itu.” (HR. Imam Ahmad 4/235, Bukhari 139).

Penaklukan ini dicatat sebagai sebuah penaklukan yang mengubah dunia.

Hal ini sejurus dengan beberapa misi Sultan Al-Fatih: Ingin melebarkan dan memperkukuh pengaruh kekuatan Islam di panggung internasional; mengakhiri dominasi Byzantium Romawi Timur di Timur Tengah; serta menguasai perdagangan internasional di wilayah Konstantinopel, dengan membatasi kegiatan bangsa-bangsa Kristen di Laut Tengah.

Oleh sebab tekanan politik dan ekonomi yang melanda bangsa-bangsa Barat, kemudian dibarengi dengan semangat melanjutkan Perang Salib, maka demi keberlangsungan peradabannya, mereka harus memutar otak, berpikir untuk mencari belahan ‘Dunia Baru’.

***

Awal dimulainya agenda imperialisasi ini, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan di Tordesillas (Spanyol) pada 7 Juni 1494 yang dikenal dengan “Perjanjian Tordesillas”.

Secara ringkas, isi perjanjian ini memuat pembahasan tentang pembagian wilayah jajahan antara Portugis dan Spanyol.

Dicatat oleh MC Ricklefs, dkk, (2013: 166-195) bahwa Portugis berhasil menaklukkan Kerajaan Goa di pesisir barat India pada tahun 1510.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved