Breaking News:

Berita Aceh Barat

Aceh Barat Komitmen Laksanakan Pendidikan Berbasis Islami

Untuk itu, khususnya Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, siap menghadirkan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai islami di setiap sekolah...

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Nurul Hayati
Foto/dok Kominsa Aceh Barat.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Barat, Drs Husaini, saat membuka kegiatan peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan pada dayah salafiyah dan diniyah tahun 2021 yang digelar oleh MPD, Kamis (21/10/2021) di Aula DP3AKB di Meulaboh. 

Untuk itu, khususnya Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, siap menghadirkan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai islami di setiap sekolah mulai tingkat sekolah dasar hingga menengah.

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berkomitmen, menyelenggarakan pendidikan yang berbasis islami guna mewujudkan peserta didik yang beraqidah dan berakhlak mulia dengan berlandaskan syariat Islam dan sunnah rasul melalui penerapan kurikulum muatan lokal di Aceh Barat.

Hal tersebut ditegaskan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Barat, Drs Husaini, Kamis (21/10/2021) saat membacakan sambutan Bupati Aceh Barat dalam pembukaan kegiatan peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan pada dayah salafiyah dan diniyah tahun 2021 yang digelar oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) di Aula DP3AKB di Meulaboh.

Menurutnya, guru mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan guna membentuk dan melahirkan generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia, sesuai dengan norma dan kaidah islam yang berlaku.

Ia menjelaskan, bahwa peningkatan mutu pendidikan tersebut dapat diwujudkan melalui penerapan kurikulum muatan lokal berbasis nilai-nilai islami yang tertuang dalam pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Ia menambahkan, sesuai dengan qanun nomor 5 tahun 2008 yang mengatur tentang adanya mata pelajaran khusus sebagai muatan lokal yang menjadi ciri khas Aceh.

Untuk itu, khususnya Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, siap menghadirkan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai islami di setiap sekolah mulai tingkat sekolah dasar hingga menengah.

"Aceh merupakan daerah pertama di Indonesia yang mewajibkan pembelajaran terintegrasi nilai-nilai keislaman kepada para peserta didik melalui berbagai mata pelajaran," ungkap Husaini.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dayah, Guru Besar dan Dosen USK Bantu Rancang Kurikulum Dayah

Ia berharap, dengan hadirnya kurikulum muatan lokal berbasis islam tersebut, kemampuan para peserta didik dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan generasi emas yang cerdas, beriman, dan bertaqwa.

Sementara itu, Ketua MPD Aceh Barat, Irsadi Aristora mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga pendidik, melalui penerapan kurikulum muatan lokal khususnya bagi dayah salafiah dan diniyah.

Disebutkan, bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kapasitas guru dayah, dalam memberikan pendidikan agama kepada peserta didik demi terciptanya generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia.

Selain itu, ia juga berharap adanya Perbup yang mengatur tentang kurikulum muatan lokal tersebut sebagai pedoman bagi tenaga pendidik dayah, dalam membuat laporan pertanggung jawaban terkait dengan penggunaan anggaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua MPD Aceh Barat, Kepala Sekretariat MPD Aceh Barat, narasumber, serta para tenaga pendidik pada dayah salafiyah dan diniyah.(*)

Baca juga: MPA di Rapat Pleno: Akreditasi Harus Memperkuat Pendidikan Dayah

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved