Breaking News:

Bawang Merah Pidie

Dukung Kembangkan Bawang Merah Pidie jadi Komoditi Ekspor, USK akan Bantu Ciptakan Alat Deteksi Hama

Setelah Kakanwil Bea dan Cukai Aceh, Dr Safuadi, memberikan kawasan berikat di lokasi areal pengembangan tanaman bawang merah di Gampong Suik, Kecamat

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala Dr Ir Agussabti MSc, dan Dekan Fakultas Pertanian, Prof Dr Ir Samadi MSc memperlihatkan hasil panen bawang merah petani Gampong Suik, Kecamatan Indrajaya, Pidie, Rabu (20/10/2021). 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (USK) menyatakan siap membantu pengembangan komoditi bawang merah Pidie menjadi salah satu komodi andalan ekspor dari Aceh.

Wakil Rektor I, Universitas Syiah Kuala, Dr Ir Agus Sabti MSc kepada Serambinews, Kamis (21/10/2021) pihaknya bersama Dekan Fakultas Pertanian Universtas Syiah Kuala Prof Dr Ir Samadi MSc sudah meninjau lokasi tanam bawang di Gampong Suik Kecamatan Indra Jaya dan dan Kemala, Kabupaten Pidie.

Hasil panen bawang merah di dua daerah itu, cukup lumayan bagus dan untuk memberikan semangat petani bawang merah di daerah itu, produksi bawang merahnya, perlu ada yang menampung dengan harga yang ekonomis.

Menurut penjelasan petani bawang di Gampong Suik, Mustafa dan petani bawang di Kemala, Jamil, produksitivitas bawang merah yang ditanamnya sekitar 6 ton/hektare.

Mereka mengatakan, pada saat panen bawang merah, harganya sering jatuh di bawah Rp 20.000/Kg, padahal harga ekonomis bawang merah harusnya di atas Rp 20.000/Kg, antara Rp 22.000 – Rp 25.000/Kg di tingkat petani.

Keluhan lain yang disampaikan petani bawang di Pidie, ungkap Agussabti, adalah masalah hama dan bibit unggul.

Mereka belum mendapatkan varietas bibit unggul bawang merah yang ukuran biji sedang, tapi setelah ditanam menghasilkan ukuran biji umbi yang besar.

Bibit bawang merah yang mereka peroleh saat ini, masih dibeli dari pulau Jawa, di antaranya dari Brebes, Jawa Tengah.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Diklaim Miliki Kepala Terbaik di Dunia, 140 Gol Dicetak Melalui Sundulan 

Terkait soal bibit unggul bawang merah, kata Agussabti, USK melalui Fakultas Pertanian akan melakukan penelitian pengembangan bibit unggul bawang merah untuk petani Pidie dan Pijay.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved