Breaking News:

Hari Ini Aceh Peringati Hari Santri

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Jumat (22/10/2021), dijadwalkan menggelar peringatan Hari Santri Nasional

Editor: bakri
Hari Ini Aceh Peringati Hari Santri
FOR SERAMBINEWS.COM
ZAHROL FAJRI, Kadis Pendidikan Dayah Aceh

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Jumat (22/10/2021), dijadwalkan menggelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke-7 di Kompleks Asrama Haji Banda Aceh. Menjelang kegiatan tersebut, panitia pelaksana pada Kamis (21/10/2021), mengadakan gladi bersih di lokasi acara.

Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri SAg MH, di sela-sela gladi bersih, kepada Serambi, kemarin, mengatakan, karena pandemi Covid-19 belum juga berakhir, perayaan Hari Santri Nasional (HSN) yang biasanya dilaksanakan secara meriah sudah dua tahun ini harus dilakukan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) secara ketat.

"Ini memang bukan keinginan kita, tapi takdir dari Allah atas segala cobaan yang kita hadapi sekarang. Tentu, kita semua harus kuat apalagi santri, sudah pasti berada di garda terdepan dalam memberikan pencerahan atau pemahaman-pemahaman dari segi agama kepada masyarakat," ujar Zahrol.

Zahrol juga menjelaskan, peran santri dalam menghadapi pandemi sangatlah baik. Kedekatan Pemerintah dengan kalangan santri menjadi kunci sinergitas itu dapat terus terjalin. Di saat masyarakat ragu, ada kaum sarungan yang meyakinkan.

"Kita berterima kasih dan mengapresiasi dayah-dayah di Aceh yang selalu membantu pemerintah dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak Covid-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa dayah juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki," tambahnya.

Zahrol juga tidak bosan-bosannya mengingatkan agar santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan doa). "Terakhir, tidak lupa kita berikan penghormatan kepada para ulama dan pimpinan dayah dimana keteladanan mereka berkontribusi untuk mendorong santri bersedia ikut vaksin yang kini sedang diprogramkan oleh pemerintah," demikian Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri.

Kabid Pemberdayaan Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Irwan SHI MSi, menginformasikan, pelaksanaan Hari Santri Nasional (HSN) Ke-7 besok (hari ini-red), akan diikuti oleh 400 orang. Mereka terdiria atas 200 santri dan santriwati dari dayah yang ada di Banda Aceh dan Aceh serta 200 orang tamu undangan.

Pelaksanaan HSN tahun ini, sambung Irwan, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. "Mohon doa agar pelaksanaan HSN berjalan aman dan lancar," harapnya. Acara tersebut, tambah Irwan, akan disiarkan langsung di Channel Youtube Humas Dayah, Facebook Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Serambi On TV, The Aceh Post TV, dan MBA Corporation. (jal)

Sumber: Sinyal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved