Breaking News:

Pemko Banda Aceh Fokus Vaksinasi Lansia

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh kini fokus melakukan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) atau yang berumur di atas 60 tahun

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman, SE Ak MM 

BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh kini fokus melakukan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) atau yang berumur di atas 60 tahun. Hal itu diperlukan agar Banda Aceh bisa menuju ke level I Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 8 November 2021 mendatang.

Sekarang, ibu kota provinsi Aceh ini berada dalam level II PPKM dan zona kuning (daerah dengan risiko rendah) penyebaran Covid-19. Untuk menuju level satu, ada delapan indikatornya. Dan kita sudah penuhi tujuh, tinggal satu lagi, yakni vaksinasi lansia di atas 40 persen. Oleh sebab itu, saat ini Banda Aceh fokus gencarkan vaksinasi bagi lansia".

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Vaksinasi Lansia, pada Pertemuan Koordinasi Pemeriksaan Lintas Sektor Tingkat Puskesmas/Kecamatan dalam rangka Evaluasi Penanganan Covid-19 di Banda Aceh. Acara berlangsung di Amel Convention Hall, Blang Oi, Kamis (21/10/2021).

Dalam pertemuan yang dihadiri Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Usman, Wakapolresta, Satya Yudha Prakasa, perwakilan Dandim 0101/BS, para Asisten, Kepala SKPK, Camat, dan Kepala Puskesmas se-Banda Aceh itu, Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen kota atas kerja keras membawa Banda Aceh ke zona kuning dan PPKM level II. "Tenaga medis, TNI/Polri, jajaran pemerintahan, dan masyarakat sudah berkontribusi bersama-sama sehingga kita bisa menekan kasus Covid-19 secara signifikan," tutur Aminullah

Menurutnya, saat ini semua kabupaten/kota di Indonesia sedang mengejar zona hijau atau daerah bebas dari Covid-19. "Memang berat syaratnya, yaitu tidak boleh ada satu kasus pun selama satu bulan berturut-turut. Kondisi kita saat ini masih ada 24 pasien yang dirawat; enam orang di rumah sakit dan 18 orang isolasi mandiri," ujarnya.

"Tugas kita bersama membuat suatu gebrakan. Bukan hanya mampu bertahan pada level dua dan zona kuning, tapi berjuang habis-habisan menyukseskan vaksinasi bagi lansia agar pada saat pengumuman evaluasi PPKM 8 November nanti, Banda Aceh bisa turun ke level satu," tambah Aminullah.

Dikatakan Wali Kota, untuk mencapai persentase 40 persen, setidaknya perlu dilakukan vaksinasi terhadap 1.700-an lansia lagi. "Camat dan keuchik agar lebih proaktif mengajak warganya ke puskesmas terdekat atau bersama tim medis door to door ke rumah warga. Per hari harus ada progres, satu atau dua orang di setiap desa," tegasnya.

Masih menurut Wali Kota, level PPKM dan zonasi yang terus membaik sangat penting agar perekonomian masyarakat bisa bangkit. "Saya harapkan bantuan dan dukungan dari kita semua, agar aktivitas masyarakat bisa berangsur normal, baik di kantor, ibadah, kegiatan sosial, dan ekonomi, dengan tetap menjalankqn protokol kesehatan," ucap Aminullah.

Di tempat yang sama, Kadinkes Banda Aceh, Lukman mengatakan, vaksinasi dosis pertama terhadap masyarakat umum segala usia sudah mencapai 76 persen. "Tantangan kita sekarang vaksinasi bagi lansia, yakni warga berumur di atas 60 tahun yang masih sekira 26 persen. Target 1.773 orang lansia lagi yang harus kita vaksin agar kita bisa tetap bertahan atau bisa melaju ke PPKM level 1," katanya.(aji)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved