Breaking News:

Nadiem Makarim

Siswa Harus Tetap Magang Meski Saat Pandemi, Nadiem Makarim Minta Pemda Cari Solusi 

Nadiem mengatakan saat ini SMK dapat menerapkan multidisiplin keahlian untuk menjawab tantangan masa depan...

Editor: Eddy Fitriadi
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta pemerintah daerah melalui dinas pendidikan untuk aktif dalam mencari solusi agar para siswa bisa tetap magang di masa pandemi Covid-19. 

SERAMBINEWS.COM - Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta pemerintah daerah melalui dinas pendidikan untuk aktif dalam mencari solusi agar para siswa bisa tetap magang di masa pandemi Covid-19.

"Kalau masalahnya pandemi sehingga magang tidak bisa dilakukan, maka Dinas Pendidikan maupun pemda harus mencari cara agar hak anak untuk bisa magang di industri, paling tidak satu semester bisa dipenuhi. Mohon itu diperjuangkan terutama oleh para kepala sekolah," ujar Nadiem, Minggu (24/10/2021).

Menurut Nadiem, Kemendikbudristek terus mendorong peningkatan jumlah praktisi industri untuk bisa mengajar di SMK.

Nadiem mengatakan saat ini SMK dapat menerapkan multidisiplin keahlian untuk menjawab tantangan masa depan.

"Jadi anak-anak dirotasi dari berbagai bidang. Ada yang mendapat pembelajaran kewirausahaan tapi anak-anak multimedianya juga terlibat di situ. Inilah percampuran berbagai disiplin ilmu," kata Nadiem.

Dunia kerja, kata Nadiem, lebih menghargai lulusan yang menguasai berbagai kompetensi. Hal tersebut menjadi nilai tambah seorang lulusan SMK masa depan.

"Kita ingin SMK itu bertukar program, paling tidak, siswa bisa mencicipi disiplin kejuruan lain agar mereka mendapatkan perspektif lain mengenai pekerjaan mereka," ungkap Nadiem.

Sekilas, Mendikbudristek mengungkapkan bahwa tahun ini, Kemendikbudristek terus mengembangkan implementasi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) untuk memperbesar kompetensi kejuruannya.

"Jadi, kapasitas belajar praktiknya dibesarkan. Jangan sampai lulusan SMK kompetensinya tidak jauh berbeda dengan lulusan di luar kejuruan," jelas Nadiem.(*) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Nadiem Makarim Minta Pemda Mencari Cara Agar Siswa Tetap Magang di Tengah Pandemi"

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved