Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Ratusan Vaksin Sinovac di Aceh Jaya Kedaluarsa Sejak 2 Oktober 2021

Menurutnya, ratusan vaksin itu sudah kedaluarsa sejak 2 Oktober 2021 lalu, dan baru ditarik dari sejumlah puskesmas pada 4 Oktober 2021.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Saifullah
Foto/BPMI Setpres/Laily Rachev
Tim dokter memperlihatkan vaksin Sinovac yang dipakai untuk vaksinasi Presiden Joko Widodo di Istana Negara Rabu (13/1/2021). Vaksin ini dibuat oleh perusahaan bioteknologi asal China yang bermarkas di Beijing, Sinovac Biotech Ltd. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Sebanyak 290 dosis Vaksin Sinovac yang diperuntukkan untuk masyarakat Aceh Jaya dalam rangka mencegah penularan Virus Corona sudah expired atau kedaluarsa.

Kedaluarsa ratusan dosis vaksin untuk tahap I dan II tersebut dibenarkan Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Aceh Jaya Cut Nazimah yang dihubungi Serambinews.com, Senin (25/10/2021)

Menurutnya, ratusan vaksin itu sudah kedaluarsa sejak 2 Oktober 2021 lalu, dan baru ditarik dari sejumlah puskesmas pada 4 Oktober 2021.

"Yang expired (kadaluarsa-red) ada sebanyak 290 dosis Vaksin Sinovac, Expired itu pada 2 Oktober 2021 lalu, karena ada beberapa kegiatan baru kita tarik pada 4 Oktober 2021," ungkapnya.

"Kemarin vaksin itu tersebar di sejumlah puskesmas, sekarang sudah kita tarik," tambahnya.

Cut Nazimah juga menuturkan, jika vaksin yang sudah kedaluarsa itu juga akan segera dimusnahkan oleh Dinas Kesehatan Aceh Jaya.

Baca juga: MPU Aceh Selatan Dukung Vaksinasi Covid-19, Tgk Armia: Fatwa MUI Vaksin Sinovac Halal dan Suci

Saat ini, ratusan vaksin yang sudah kedaluarsa itu disimpan oleh Dinas Kesehatan sebelum dilakukan pemusnahan.

Di Aceh Jaya, ada sebanyak 3.000 lebih stok Vaksin Sinovac, di mana keseluruhan vaksin itu memiliki masa berlaku yang berbeda-beda, mulai dari November 2021 hingga Januari 2022.

"Ada juga vaksin yang kedaluarsa pada November, hingga ada yang akan kedaluarsa pada tahun 2022,” beber Cut Nazimah.

“Yang kedaluarsa pada November tidak banyak lagi, kalau habis pada bulan ini, tidak ada dosis yang sempat kedaluarsa pada November," tuturnya.

Tidak hanya Vaksin Sinovac, Vaksin Moderna sebanyak 500 dosis yang dimiliki Pemkab Aceh Jaya dan diperuntukkan untuk tahap III, juga akan expired pada akhir November 2021 mendatang.

Baca juga: Habis Limit, 51 Dosis Vaksin Sinovac Terbuang di Aceh Besar, 4 Dosis Rusak

"Moderna kadaluarsa pada November 2021, tapi hingga tanggal 30 November nanti, masih bisa digunakan, karena kedaluarsa pada akhir November," tutupnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved