Breaking News:

Swedia

Ratusan Ribu Warga Swedia Diyakini Kehilangan Indra Penciuman Gara-gara Terjangkit Covid-19

saat ini, indra penciuman menjadi gejala yang banyak dirasakan pasien Covid-19 di negara berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa itu...

Editor: Eddy Fitriadi
AP
ILUSTRASI Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 ke relawan di pusat penyebaran Covid-19 di Trelleborg, Swedia. Ratusan ribu warga Swedia diyakini kehilangan indra penciuman akibat terjangkit Covid-19. 

SERAMBINEWS.COM - Ratusan ribu warga Swedia diyakini kehilangan indra penciuman akibat terjangkit Covid-19.

Sungguh sayang, Swedia hanya memiliki dua klinik penciuman dan pengecapan atau perasa.

Hal ini mengakibatkan antrean panjang dengan ratusan pasien memadati klinik itu setiap harinya.

Analis Biomedis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT), Charlotte Cervin Hoberg, memprediksi sekitar 300.000 warga mengalami kondisi itu.

"Kami mendapatkan pasien dari seluruh Swedia. Saya mendapatkan surat pribadi yang dikirim ke rumah saya dan dihubungi dari mana-mana," kata Hoberg.

Dilansir dari Sputnik News, Selasa (26/10/2021), saat ini, indra penciuman menjadi gejala yang banyak dirasakan pasien Covid-19 di negara berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa itu.

"Ada permintaan yang besar terkait spesialisasi ini. Namun setelah Covid, itu benar-benar semakin besar," kata Perawat Li Nyman.

Perlu diketahui, sekitar 50 hingga 70 persen orang yang didiagnosis terinfeksi Covid-19 di negara itu memiliki kemampuan penciuman yang berkurang.

Sementara sebagian besar dari mereka mendapatkan kembali indera penciumannya setelah beberapa minggu. 

Beberapa diantaranya bahkan mengalami penyimpangan permanen yang mencakup indera penciuman yang berkurang atau terdistorsi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved