Breaking News:

BPIP Beri Pembinaan Nilai-nilai Pancasila Melalui Kearifan Lokal

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Elfrida Herawati Siregar

Editor: bakri
SERAMBINEWS/dok Kominsa Aceh Barat.
BPIP RI menandatangani kerjasama dengan Pemkab Aceh Barat tentang pembinaan nilai-nilai Pancasila melalui kearifan lokal yang berlangsung di Desa Gaseu, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Senin (25/10/2021). 

MEULABOH - Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Elfrida Herawati Siregar menghadiri kegiatan penguatan ideologi Pancasila untuk gampong muslimin yang berlangsung di Desa Gaseu, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Senin (25/10/2021).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang sebelumnya telah terjalin antara Pemkab Aceh Barat melalui Badan Kesbangpol bersama BPIP RI, beberapa waktu lalu. Bupati Aceh Barat, H Ramli MS dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam rangka menumbuhkan semangat nasionalisme serta menguatkan kembali nilai- nilai Pancasila bagi masyarakat khususnya di Aceh Barat, sehingga kehadiran BPIP RI disambut baik oleh masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut membuktikan pemerintah pusat memiliki kepedulian dalam menjaga ideologi masyarakat Aceh di tengah maraknya ideologi transnasional yang saat ini mulai masuk ke Indonesia.

“Kami selaku Pemerintah Aceh Barat mengucapkan terima kasih kepada BPIP yang bersedia hadir di Bumi Teuku Umar, dalam rangka memberikan pembinaan nilai-nilai Pancasila melalui kearifan lokal kepada masyarakat,” ucapnya. Ia menambahkan, penguatan ideologi Pancasila harus diiringi dengan meningkatnya kesejahteraan rakyat secara merata, mulai dari kota hingga desa.

Dengan begitu, kata Ramli MS, masyarakat akan merasa terlindungi dalam memperoleh hak-haknya sebagai warga negara, sehingga akan bermuara pada terciptanya kondusifitas dan perdamaian demi menguatkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea 4.

Sementara itu, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP RI, Elfrida Herawati Siregar mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Aceh Barat yang berkomitmen menguatkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, salah satunya dengan dibentuknya kampung muslimin di daerah tersebut.

Menurutnya, kampung muslimin tersebut bisa menjadi motivasi serta role model bagi daerah lain dalam memberikan pembinaan ideologi Pancasila kepada masyarakat melalui berbagai kearifan lokal yang dimiliki daerah.

Untuk itu, ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan persatuan bagi masyarakat di tengah gelombang ideologi transnasional yang saat ini mulai masuk ke Indonesia.(c45)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved