Breaking News:

Video

VIDEO - Prajurit Korem Lilawangsa Ajak Ternak Maggot untuk Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Dalam seminggu, dia bisa memanen 300 hingga 400 kilogram ulat maggot. Ulat maggot yang kerap dijadikan pakan unggas dan ikan.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: m anshar

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE - Di masa pandemi saat ini, banyak hal yang bisa dikembangkan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Seperti yang dilakukan seorang Prajurit TNI, Serda Syamsuddin Babinsa Koramil 29/Langkahan di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

Selain berhasil meraup jutaan rupiah dari budidaya ulat maggot. Menekuni usaha peternakan maggot Black Soldier Fly yang bentuknya mirip sekali dengan belatung ini dijalankan olehnya bersama warga binaannya sejak setahun terakhir.  

Serda syamsudin turut mengajarkan warganya dengan pelatihan budidaya ternak ulat manggot dengan tujuan agar warga sekitar bisa mengukuti caranya memiliki pendapatan sampingan.   Dengan memanfaatkan waktu luang yang ada dan perkarangan dibelakang rumahnya Serda Samsudin kini memiliki 10 kotak besar yang berisi ulat magot.

Dalam seminggu, dia bisa memanen 300 hingga 400 kilogram ulat maggot. Ulat maggot yang kerap dijadikan pakan unggas dan ikan, yang ia gunakan sebagai penganti pakan ikan. Serda Syamsudin mengaku awalnya hampir putus asa karena harus mengeluarkan dana yang besar untuk usahanya yakni pemberian pakan ikan lele, patin dan nila dengan pakan pelet tokoan. Namun berkat ketekunannya bersama warga setempat, kini mampu usaha tersebut bisa meraup untung hingga jutaan rupiah.  

Ditengah pandemi, Samsudin bertugas sebagai Babinsa terus berupaya untuk dapat membantu masyarakatnya di wilayah tugasnya.(*)

Narator: Ardiansyah

Video Editor: M Anshar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved