Breaking News:

Berita Banda Aceh

DJPb Target Aceh Bisa Realisasi Belanja 90 Persen di Triwulan IV

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Aceh, Syafriadi SE MEc PhD optimis realisasi belanja sebesar 90% ini dapat tercapai pada...

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Nurul Hayati
hand over dokumen pribadi
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendarahaan (DJPb) Syafriadi 

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Aceh, Syafriadi SE MEc PhD optimis realisasi belanja sebesar 90% ini dapat tercapai pada Triwulan IV Tahun Anggaran 2021, mengingat tren positif perkembangan penangan kasus pandemi Covid19 yang semakin baik di Indonesia terutama di Aceh.

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Aceh senantiasa mendorong Satuan Kerja Kementerian dan Lembaga lingkup Provinsi Aceh untuk melakukan akselerasi belanja pada Triwulan IV Tahun Anggaran 2021 minimal sebesar 90% sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional yang sempat mengalami gangguan selama pandemi Covid19 yang berlangsung sejak 2020.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Aceh, Syafriadi SE MEc PhD optimis realisasi belanja sebesar 90% ini dapat tercapai pada Triwulan IV Tahun Anggaran 2021, mengingat tren positif perkembangan penangan kasus pandemi Covid19 yang semakin baik di Indonesia terutama di Aceh.

Kanwil DJPb Provinsi Aceh akan melakukan monitoring dan asistensi,  terkait pencairan dana maupun revisi Daftar Isian Pelakanaan Anggaran (DIPA) kepada seluruh Satuan Kerja Kementerian dan Lembaga lingkup Aceh agar dapat mencapai target tersebut.

DAK Fisik merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional, seperti kesehatan, pendidikan dan infastruktur ekonomi berkelanjutan.

Sementara itu, Dana Desa diprioritaskan untuk pembiayaan pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup masyarakat serta penanggulangan kemiskinan.

Bersama Pemerintah Daerah, Kanwil DJPb Aceh akan terus mendorong percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa (DFDD) lingkup Provinsi Aceh.

Baca juga: Realisasi Belanja Modal di Aceh Lebih Besar dari Nasional, Sudah Mencapai 31 Persen

Kanwil DJPb Aceh bersama 7 KPPN di seluruh Aceh akan memberikan dukungan percepatan pencairan DFDD, dan memfasilitasi informasi terkait data pencairan DFDD yang akan digunakan oleh pemerintah daerah sebagai bahan monitoring dan evaluasi penyaluran DFDD di Aceh.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III 2021 akan berada pada kisaran 4,5 persen.

Pertumbuhan ekonomi ini ditopang oleh konsumsi masyarakat yang masih kuat, meningkatnya aktivitas inventasi, masih kuatnya kinerja ekspor didorong berlanjutnya harga komoditas, serta pemulihan yang merata di berbagai wilayah di Indonesia.

Hasil konkret dana APBN pada masa pandemi disalurkan dalam bentuk bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Program Indonesia Pintar, Insentif Tenaga Kesehatan, Subsidi Listrik, serta banyak lainnya yang manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan dana untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam APBN 2021 yaitu, program khusus untuk menanggulangi pandemi. (*)

Baca juga: Gubernur Aceh Ikuti Rakornas Wasin 2021, Presiden Minta Realisasi Belanja Pemerintah Dipercepat

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved