Breaking News:

Jurnalisme Warga

Saat Kota Meulaboh Berusia 433 Tahun

Kebetulan saya hadir ke acara tersebut ditugaskan oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat

Editor: bakri
Saat Kota Meulaboh Berusia 433 Tahun
FOR SERAMBINEWS.COM
MUKHSINUDDIN, S.Ag., M.M., Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh dan Mahasiswa Doktoral Ilmu Manajemen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, melaporkan dariĀ  Meulaboh

OLEH MUKHSINUDDIN, S.Ag., M.M., Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh dan Mahasiswa Doktoral Ilmu Manajemen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, melaporkan dari  Meulaboh

Kali ini saya menulis reportase tentang meriahnya Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-433 Kota Meulaboh. Kebetulan saya hadir ke acara tersebut ditugaskan oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Miladnya dipusatkan di Kantor Bupati Aceh Barat.

Peringatan  HUT Meulaboh seharusnya diperingati 11 Oktober 2021, tetapi upacaranya digeser ke tanggal 26 Oktober 2021. Pagi itu saya dan undangan lainnya sudah tiba di kantor bupati dengan memakai pakaian adat Aceh sesuai isi surat undangan Bupati Aceh Barat. Kami dipersilakan duduk pada tenda di halaman kantor bupati yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana.

HUT Ke-433 Kota Meulaboh tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan. Acara tersebut dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda Aceh Barat, seluruh satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), dan aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

Ada yang istimewa pada peringan milada Kota Meulaboh tahun ini, yakni hadirnya Wali Kota Banda Aceh, Bapak Aminullah Usman MM dan hadir juga Direktur Hubungan Antarlembaga dan Kerja Sama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Ibu Elfrida Herawati Siregar MM.

Saya yang mewakili Kampus STAIN Meulaboh duduk bersama dengan para SKPK Aceh Barat pada tempat yang telah disiapkan panitia. Acara dimulai MC dengan mempersilakan qari membaca ayat suci Al-Qur’an agar upacara tersebut mendapat berkah dari Allah. Kemudian, dilanjutkan dengan Selawat Badar yang dipandu oleh qari tersebut.

Selesai selawat, dilanjutkan dengan pembacaan sekilas sejarah berdirinya Kota Meulaboh sampai saat ini, sudah berusia 433 tahun. Kami semua menyimak dengan saksama dan khidmat narasi yang dibacakan oleh seorang ASN. Lalu, dilanjutkan dengan amanat Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, sebagai inspektur upacara.

Berikutnya, Bupati Ramli memberikan santunan untuk anak yatim yang diwakili oleh beberapa anak yatim yang sudah berada di tempat acara.

Dalam amanatnya, Bupati Ramli mengajak seluruh elemen pemkab agar dapat membangun energi positif melalui peringatan HUT Kota Meulaboh ini. Peringatan milad Meulaboh tahun ini, imbuh bupati, jangan hanya diperingati secara seremonial semata. Namun, jadikanlah sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan dedikasi terbaik kepada seluruh masyarakat.

Menurut bupati, saat ini Kota Meulaboh terus tumbuh menjadi daerah yang makin berkembang dengan segenap kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Sejalan dengan itu bupati juga mengimbau semua stakeholder agar menjadikan HUT Kota Meulaboh ini sebagai motivasi untuk menghasilkan karya terbaik demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Teuku Umar Johan Pahlawan ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved