Breaking News:

Bantu Lansia

Tim Fakultas Keperawatan USK Bantu Tingkatkan Kesehatan Lansia Lam Klat di Tengah Pandemi Covid-19

Sekadar diketahui, pelayanan kesehatan yang tersedia di Desa Lam Klat, hanya rumah bidan desa, di mana jarak tempuh ke puskesmas Darussalam...

Editor: Eddy Fitriadi
Tim Fakultas Keperawatan USK Bantu Tingkatkan Kesehatan Lansia Lam Klat di Tengah Pandemi Covid-19
Istimewa
Program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Produk (PKMBP) berupa elderly activities center di Desa Lam Klat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar.

SERAMBINEWS.COM - Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Produk (PKMBP) melakukan pembentukan elderly activities center di Desa Lam Klat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesehatan lansia di tengah pandemi Covid-19, sebagaimana dalam rilis yang diterima Serambinews.com.

Tim terdiri dari Ns Juanita MNS (Bidang Keilmuan Keperawatan Gerontik), Ns Dara Febriana MSc (Bidang Keilmuan Keperawatan Gerontik), Ns Farah Diba, MScPH (Bidang Keilmuan Keperawatan Komunitas).

Sekadar diketahui, pelayanan kesehatan yang tersedia di Desa Lam Klat, hanya rumah bidan desa, di mana jarak tempuh ke puskesmas Darussalam ± 4,2 km dari desa.

Selain itu, terdapat juga kegiatan posbindu (pos binaan terpadu) yang diadakan setiap bulan, namun hanya difasilitasi oleh bidan desa dan kader lansia. Petugas puskesmas dijadwalkan ke desa  hanya selama 3 bulan sekali.

Selain itu terkait dengan kader lansia, Desa Lam Klat baru sebulan membentuk kader yang bergerak khusus untuk kesehatan lansia. Sehingga, pelayanan kesehatan yang diberikan oleh kader kepada lansia belum maksimal terutama pada lansia dengan multiple disease.

Kondisi inilah yang menggerakkan tim PKMBP USK untuk membantu mengoptimalkan lansia mendapatkan pelayanan dan informasi kesehatan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk model elderly activities center dimana program ini dapat mempermudah lansia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Elderly activities center yang dilaksanakan terdiri dari 3 tahap meliputi elderly support team, brain enhancement programs activities, dan peningkatan kesiapan lansia menanggulangi bencana. 

Elderly Support Team (EST) adalah intervensi program yang berfokus pada lansia dengan single maupun multiple penyakit kronis tertentu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved