Breaking News:

Berita Aceh Barat

Aceh Barat Perkuat SDM Terhadap Pelaku UMKM

"Dengan SDM mumpuni dalam dunia digital, diharapkan peranan UMKM dalam menumbuhkan pertumbuhan ekonomi daerah bisa lebih ditingkatkan lagi,"

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Muhammad Hadi
Foto/Kominsa Aceh Barat
Bupati Aceh Barat, H Ramli MS saat membuka kegiatan pelatihan DEA, pengelolaan keuangan digital yang diinisiasi oleh BBPSDMP Kominfo, Medan yang berlangsung di Hotel Meuligoe, Jumat (5/11/2021). 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melakukan upaya penguatan Sumber Daya Manusia ( SDM) melalui pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) pengelolaan keuangan digital.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBP SDMP Kominfo) Medan yang berlangsung di Hotel Meuligo, Jumat (5/11/2021).

Acara tersebut juga bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominsa), Aceh Barat dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) setempat.

Program dari Digital Talent Scholarship Tahun 2021 tersebut diikuti oleh 100 peserta dari berbagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Aceh Barat.

Baca juga: Kepala Ibu Guru Pecah Dieksekusi Dengan Batu Koral, Kalung dan Gelang Emas Dibawa Kabur Pelaku

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan tersebut, dan menurutnya, pelatihan ini sangat penting untuk menguatkan kapasitas SDM bagi para pelaku UMKM di Aceh Barat khususnya pada bidang digitalisasi.

"Dengan SDM mumpuni dalam dunia digital, diharapkan peranan UMKM dalam menumbuhkan pertumbuhan ekonomi daerah bisa lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Dikatakannya, bahwa pihaknya siap memberi dukungan untuk mensukseskan perdagangan digital tersebut dengan membangun infrastruktur digital yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga ke Kabupaten.

Hal tersebut sangat penting guna memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui media sosial ataupun e-commerce yang akan menjangkau calon konsumen di seluruh wilayah Indonesia nantinya.

Baca juga: Vaksin Sinovac Masih Kosong, Dinkes Nagan Raya Pacu Vaksinasi Nakes Dosis III dengan Moderna

Di zaman teknologi 4.0 ini, kata dia, UMKM dimungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya di daerah saja namun jangkauannya bisa mencapai skala Nasional bahkan Internasional.

Untuk itu, dengan penguasaan teknologi digital yang baik, UMKM di Aceh Barat dapat melakukan ekspansi produknya secara global.

Disamping itu, Ramli MS juga mengingatkan kepada pengguna teknologi digital agar tetap waspada terhadap berbagai tindak kejahatan digital (cyber crime) yang dapat merugikan para pelaku UMKM itu sendiri seperti penipuan dan tindakan ilegal lainnya.

Selain itu, Ramli MS juga mengajak seluruh generasi muda khususnya peserta DEA 2021 ini agar berani menjadi pelaku UMKM yang kreatif dan inovatif, dalam memasarkan produknya melalui teknologi digital.

Sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta kemajuan ekonomi masyarakat Aceh Barat.

Baca juga: Harga TBS Kelapa Sawit di Aceh Selatan Tembus Rp 2.500/Kg

Kepala BBP SDMP Kominfo Medan, Drs Irbar Samekto menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan tersebut diperuntukan untuk para pengelola UMKM di Kabupaten Aceh Barat guna mendorong peningkatan kualitas pengembangan SDM khususnya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan daya saing anak bangsa di era digitalisasi saat ini.

Secara spesifik, kata dia, pelatihan DEA ini diharapkan dapat menumbuhkan kompetensi di bidang digital guna mengoptimalkan kehadiran finansial inklusif sehingga pemanfaatan TIK dapat memberikan hasil bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini bisa menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, dan memiliki kreativitas tinggi, serta membangun kemandirian Bangsa dengan mendorong pelaku usaha lokal untuk berkecimpung dalam pasar lokal dan luar negeri di era digital saat ini.(*)

Baca juga: Pria Ini Lompat ke Sungai Hindari Serangan Tawon, Malah Tewas Dimangsa Ikan Buas Piranha

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved