Breaking News:

Persalinan

Gratis, Ibu Hamil di Pedalaman Aceh Utara Bisa Manfaatkan Rumah Tunggu sebelum Melahirkan

Dalam rumah tunggu tersebut juga disediakan fasilitas seperti tempat tidur, dan juga kebutuhan lain untuk ibu hamil seperti air bersih.

Penulis: Jafaruddin | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Dok Dinas Kesehatan Aceh Utara.
Rumah tunggu yang disediakan Dinas Kesehatan Aceh Utara di Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM,LHOKSUKON - Ibu hamil di kawasan pedalaman diimbau untuk memanfaatkan rumah tunggu yang sudah disediakan Dinas Kesehatan Aceh Utara untuk mempercepat penanganan ibu hamil dan mengurangi risiko kematian saat melahirkan.

Karena selama ini rumah tunggu tersebut belum maksimal digunakan ibu hamil.

"Rumah tunggu kelahiran difungsikan untuk menampung ibu hamil yang akan melahirkan beserta keluarganya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin SKM, kepada Serambinews.com, Kamis (4/11/2021).

Di rumah tunggu tersebut juga disiagakan seorang petugas yang akan mengawasi selama ibu hamil sebelum melahirkan.

Dalam rumah tunggu tersebut juga disediakan fasilitas seperti tempat tidur, dan juga kebutuhan lain untuk ibu hamil seperti air bersih.

Baca juga: 198 Atlet Panahan Seluruh Aceh Bersaing Rebut Tiket PORA Pidie, Ini Nomor yang Diperlombakan

Bahkan, petugas menyediakan konsumsi untuk ibu hamil bersama satu anggota keluarganya.

“Setiap rumah tunggu kelahiran tersebut disiagakan ambulans dan ibu hamil yang akan melahirkan bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sampai waktu melahirkan tanpa dibebani biaya,” kata Amir.

Karena Kementerian Kesehatan RI sudah mengalokasikan dana untuk biaya persalinan guna mengurangi angka kematian ibu dan anak.

Karena itu keberadaan rumah tunggu kelahiran tersebut kata Amir, diharapkan dapat mendorong ibu hamil agar mau menjalani proses persalinan menggunakan tenaga medis supaya kesehatan ibu dan anak bisa terpantau.

“Berdasarkan pengalaman sebelum ada rumah tunggu tersebut, banyak kadang ibu hamil mengalami kendala ketika melahirkan sehingga banyak kasus kematian ibu dan bayi saat itu,” ujar Amir.

Baca juga: PT PIM Kembali Sosialisasi Bahaya Kenakalan Remaja Sekaligus Edukasi Kesehatan Reproduksi Bagi Siswa

Karena terlambat pertolongan, yang disebabkan jarak rumah ibu hamil yang jauh dari Puskesmas dan kondisi jalan yang tidak memadai.

Karena itulah pemerintah menyediakan rumah tunggu tersebut, dengan harapan ke depan tak ada lagi kasus-kasus tersebut ke depannya.

Rumah tunggu tersebut lokasi berdekatan dengan puskesmas di setiap kecamatan, sehingga ketika perlu penanganan dapat dengan mudah dan cepat dibawa oleh petugas.

“Bukan hanya pelayanan di rumah tunggu saja yang gratis, tapi ketika memang diperlukan operasi terhadap ibu hamil juga disediakan pelayanan gratis,” kata Amir.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved