Breaking News:

Berita Aceh Utara

Warga di Pedalaman Aceh Utara Masih Gunakan Perahu Bermotor Untuk Transportasi 

Masyarakat Dusun Sarah Raja di Desa Leubok Pusaka Kecamatan Langkahan, Aceh Utara masih menggunakan perahu bermotor sebagai alat transportasi

Penulis: Jafaruddin | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Pemerhati Sosial di Aceh Utara T Hasansyah SH 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM,LHOKSUKON – Masyarakat Dusun Sarah Raja di Desa Leubok Pusaka Kecamatan Langkahan, Aceh Utara hingga sekarang masih menggunakan perahu bermotor sebagai alat transportasi

Dusun itu yang berada di pedalaman, ujung timur Aceh Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Bener Meriah. 

Kondisi tersebut sudah berlangsung lama. Karena jalan yang pernah dibangun beberapa tahun yang lalu, tak bisa dilintasi dengan roda dua, apalagi roda empat. 

Sehingga jalan yang pernah dibangun di kawasan itu, hanya bisa dilintasi dengan jalan setapak. 

Baca juga: Ini 8 Fokus Jenderal Andika Perkasa Jika Jadi Panglima TNI

Untuk berbelanja ke pusat Kecamatan Langkahan, warga di kawasan itu menggunakan perahu bermotor.

Bahkan termasuk anak-anak sekolah di kawasan itu, harus menggunakan perahu bermotor melintasi terusan Krueng Arakundo, yang membutuhkan waktu puluhan menit. 

“Sarah Raja sebuah dusun gampong Leubok Pusaka di Kecamatan Langkahan Aceh utara yang masuk kategori dusun terluas dan menantang,” kata Pemerhati Sosial, T Hasansyah SH dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Sabtu (6/11/2021). 

Jumlah penduduk di Dusun itu mencapai 120 Jiwa dari36 Kepala Keluarga (KK)  dengan mata pencaharian rata-rata dibidang pertanian dan perkebunan. 

Baca juga: Oknum Polisi Diduga Peras Wanita Terapis Pijat Rp 50 Juta, Ini Tanggapan Kapolda Sumut

“Untuk mencapai ke dusun terbut masyarakat disana sudah terbiasa mengarungi sungai dengan menggunakanboat sebagai alat transportasi,” ujar Hasansyah. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved