Breaking News:

Kupi Beungoh

Catatan Penting Seputar Musabaqah Qiraatil Kutub II Tingkat Provinsi Aceh

Pada tanggal 12-17 Oktober tahun 2021 lalu Pemerintah Aceh kembali menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub ke-2 tingkat Provinsi Aceh

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
DR Saifullah M Yunus Lc MA, Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Banda Aceh 

Oleh DR Saifullah M Yunus Lc MA *)

Pada tanggal 12-17 Oktober tahun 2021 lalu Pemerintah Aceh kembali menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub ke-2 tingkat Provinsi Aceh.

Musabaqah Qiraatil Kutub ke-1 dilaksanakan pada tahun 2019 lalu, sehingga event ini sudah dilaksanakan sebanyak dua kali di tingkat Provinsi Aceh.

Adapun perhelatan Musabaqah Qiraatil Kutub di tingkat nasional sudah dilaksanakan sebanyak 6 kali, yaitu pertama, di Pondok Pesantren Al-Falah Bandung Jawa Barat tahun 2004.

Kedua, di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur pada tahun 2006, ketiga, di Pondok Pesantren Al-Falah Banjar Baru Kalimantan Selatan pada tahun 2008.

Baca juga: Raih Juara Umum di MQK II Aceh, Pemko Subulussalam Gelar Penyambutan di Perbatasan

Event ini awalnya dilaksanakan dua tahunan, namun kemudian berubah menjadi event tiga tahunan dengan nama Musabaqah Fahmi Kutubit Turats (MUFAKAT).

Sehingga event yang keempat diselenggarakan di Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor, Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2011

Kemudian kembali lagi kepada nomenklatur Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) dimana event yang kelima dilaksanakan di Pondok Pesantren As’ad, Olak Kemang Kota Jambi Provinsi Jambi pada tahun 2014.

Sedangkan MQK keenam dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadi’in Balekambang Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2017.

 Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, H. Zahrol Fajri, S.Ag, M.H pada saat pembukaan kegiatan MQK II di Asrama Haji Embarkasi Aceh menyampaikan bahwa di antara tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mengasah dan melatih para santri dayah di Aceh di bidang peningkatan skill dan kemahiran membaca kitab kuning (Arab gundul).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved