Breaking News:

Feature

Kisah Murid-murid Pemberani di Panca Lembah Seulawah, Seberangi Sungai demi Sampai ke Sekolah

Meski dalam kondisi miris, para murid yang bersekolah di SD Panca Kubu saban hari harus menyeberangi Krueng Panca (Sungai) demi mencapai sekolahnya ya

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Murid SD Panca Kubu menyeberangi Krueng Panca (Sungai) untuk pergi ke sekolah di Gampong Panca, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Senin (8/11/2021). 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO - Alam yang keras dan menantang telah mengajari murid-murid sekolah dasar di Panca, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar untuk berjiwa berani dan pantang menyerah.

Meski dalam kondisi miris, para murid yang bersekolah di SD Panca Kubu saban hari harus menyeberangi Krueng Panca (Sungai) demi mencapai sekolahnya yang terletak di ibu kota kecamatan.

Bukan hanya pelajar, masyarakat petani setempat juga harus menyeberangi sungai untuk mengangkut hasil bumi.

Di daerah itu tidak ada akses jalan lain menuju Desa Panca.

Satu-satunya akses jalan adalah harus melalui Sungai (Krueng) Panca.

Baca juga: Penyanyi Iwan Fals Jadi Saksi Istrinya, Lapor Polisi Atas Pencemaran Nama Baik

Seorang warga Desa Panca, Wahyu, kepada Serambinews.com, Senin (8/11/2021) mengatakan, setiap hari siswa sekolah maupun masyarakat menyeberangi sungai untuk menuju Ibu Kota Kecamatan maupun ke sekolah.

Saat musim penghujan seperti sekarang masyarakat terpaksa menyimpan sembako untuk siaga. Karena, kalau hujan air meluap sungai tersebut sulit disebrangi.

Baca juga: Liverpool Akhirnya Dikalahkan West Ham United, Juergen Klopp: Wasit Bersembunyi di Balik VAR

Menurut dia, di Desa Panca Kubu ada dibangun jembatan gantung berkontruksi baja sepanjang 20 meter menghubungkan ke Desa Panca.

Namun, tidak mampu menjangkai ke desa itu dan, membutuhkan sepanjang 20 meter lagi jembatan agar masyarakat di daerah itu mudah melintas.

"Kami berharap di ujung jabatan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dapat membangun jembatan yang menghubungkan Panca Kubu ke Panca untuk mencegah masyarakat menjadi terisolir," katanya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved