Breaking News:

Vaksin Covid

Meski Aman Dilakukan, Vaksin Covid-19 Bisa Timbulkan Efek Samping pada Sebagian Orang

Banyak orang telah melaporkan efek samping yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari...

Editor: Eddy Fitriadi
AFP
ILUSTRASI Petugas mempersiapkan suntikan booster vaksin Covid-19 di Inggris. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan vaksin Covid-19 aman dilakukan. Meski terdapat efek samping yang bisa timbul terhadap sebagian orang. 

SERAMBINEWS.COM - Program vaksinasi Covid-19 terus digencarkan di seluruh dunia demi tercipta kekebalan komunitas atau herd immunity.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan vaksin Covid-19 aman dilakukan. Meski terdapat efek samping yang bisa timbul terhadap sebagian orang.

“Beberapa orang tidak memiliki efek samping. Banyak orang telah melaporkan efek samping yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi mereka akan hilang dalam beberapa hari,” pernyataan CDC dikutip dari laman resminya seperti yang dikutip dari covid19.go.id.

Walau mungkin menimbulkan efek samping, akan tetapi CDC merekomendasikan semua orang berusia 12 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin guna membantu melindungi diri dari Covid-19 dan komplikasi terkait yang berpotensi parah yang dapat terjadi.

CDC bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA), serta lembaga terkait lainnya terus memantau keamanan vaksin Covid-19.

Efek samping yang mungkin terjadi telah dilaporkan ke bagian eksternal Sistem Pelaporan Kejadian Tidak Diinginkan Vaksin (Vaccine Adverse Event Reporting System/VAERS). VAERS menerima laporan tentang efek samping apapun setelah vaksinasi apa pun.

“Laporan efek samping kepada VAERS setelah vaksinasi, termasuk kematian, tidak selalu berarti bahwa vaksin menyebabkan masalah kesehatan. Efek samping yang serius setelah vaksinasi Covid-19 jarang terjadi tetapi dapat terjadi,” ungkap CDC.

Oleh karenanya, untuk kesadaran publik dan demi kepentingan transparansi, CDC memberikan informasi terbaru tentang kejadian buruk yang mungkin terjadi:

1. Anafilaksis

Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Beberapa gejala diantaranya ruam gatal, pembengkakan tenggorokan, dispnea, muntah, kepala terasa ringan, dan tekanan darah rendah.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved