Breaking News:

Berita Nasional

Begini Ending Kisah Anak di Tuban Tak Bisa Urus Akta Gegara Nama Kepanjangan, Ganti Nama Karena Ini

Sistem Administrasi Kependudukan di Dirjen Dukcapil Kemendagri ternyata tak mampu membaca nama yang terlalu panjang.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif (kanan) fotot bersama dengan keluarga Cordosega, anak dengan nama terpanjang di Tuban, Jawa Timur. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Sistem Administrasi Kependudukan di Dirjen Dukcapil Kemendagri ternyata tak mampu membaca nama yang terlalu panjang.

Akibatnya,seorang anak yang lahir di Tuban tak bisa diterbitkan akta kelahirannya, karena namanya kelewat panjang, lantaran terdiri dari 19 kata.

Dokumen Administrasi Kependudukan baru berhasil diberikan setelah dilakukan pengurangan beberapa kata dari nama anak yang disapa Cordosega tersebut. 

Cordosega yang beralamat di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memiliki nama lengkap Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Setelah dilakukan komunikasi secara intens antara Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh  dengan orang tua dan sanak famili serta tetua adat setempat, akhirnya disepakati bahwa anak yang bersangkutan berganti nama menjadi R-Akbar Zudan Cordosega Sura Talenta.

Nama tersebut dapat diakomodir dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sehingga prosesi pengurusan berbagai dokumen kependudukannya menjadi dapat dilakukan.

Baca juga: Kadis Kosong, Jaringan Data Disdukcapil Aceh Tamiang Diblokir, Adminduk tak Bisa Cetak, Usul 3 Calon

“Meski demikian, nama Cordosega yang sebelumnya, silakan tetap menjadi nama adat baginya sehingga ketentuan adat tetap berlaku,” terang Zudan saat mendatangi kediaman Cordosega di Bangilan Tuban, Rabu (10/11/2021).

“Yang utama untuk kepentingan negara, nama lengkap terbaru dari ananda Cordosega, kami resmikan di dokumen kependudukan agar mudah mendapatkan berbagai pelayanan publik dengan mudah ke depannya,” tambah Zudan.

Pergantian nama Cordosega itu sendiri diwarnai cerita yang unik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved