Breaking News:

Berita Aceh Utara

Ini Jumlah Desa di Aceh Utara yang Sudah Cairkan Dana Desa Tahap I, Tahap II Hingga Tahap III

Jumlah gampong di Aceh Utara yang sudah berhasil mencairkan dana desa tahap tiga mencapai 71 dari total 852 gampong dalam 27 kecamatan.

Penulis: Jafaruddin | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Asisten I Setdakab Aceh Utara, Dayan Albar, SSos, MAP. 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Jumlah gampong di Aceh Utara yang sudah berhasil mencairkan dana desa tahap tiga mencapai 71 dari total 852 gampong dalam 27 kecamatan di kabupaten tersebut. 

Hal itu diketahui berdasarkan penjelasan Asisten I Setdakab Aceh Utara, Dayan Albar saat Sekda Aceh, dr Taqwallah melakukan kunjungan kerja ke Aceh Utara, Senin (8/11/2021). 

Dalam kunjungan tersebut, Sekda Aceh melakukan pertemuan dengan para keuchik, camat, dan kepala puskesmas dalam Kabupaten Aceh Utara di aula Kantor Bupati Aceh Utara di Landing, Kecamatan Lhoksukon. 

Pertemuan itu dalam rangka evaluasi penyaluran dana desa dan kegiatan vaksinasi Covid-19.  

Dalam pertemuan tersebut, Dayan Albar MAP melaporkan realisasi pencairan dana desa di Aceh Utara pada tahun 2021, yang telah terlaksana dengan baik.

“Dari plafon dana desa sebesar Rp 626,3 miliar, yang dialokasikan untuk 852 gampong, telah tersalur dalam tiga tahap penyaluran,” ujar mantan camat Samudera tersebut. 

Baca juga: Pemerintah Terkendala Cairkan Rp 600 Miliar Dana Desa di Aceh, Ini Penyebabnya

Untuk tahap I, sebutnya, telah tersalur 99,8 persen atau 851 gampong, artinya hanya tersisa 1 satu desa.

Kemudian tahap II, yang sudah telah tersalur 97 persen atau 834 gampong. 

Sedangkan untuk tahap III, telah tersalur sebanyak 8 persen atau 71 gampong.

Artinya masih tersisa 781 gampong yang belum tersalurkan untuk tahap III. 

“Kami sedang upayakan langkah-langkah percepatan sehingga dana yang telah diamanahkan tersebut dapat seluruhnya tersalurkan ke gampong-gampong,” papar Dayan.

Terkait dengan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT–DD), lanjut Dayan, sudah disalurkan ke rekening gampong sampai dengan alokasi bulan Desember 2021.

Baca juga: Sekda Aceh Evaluasi Dana Desa di Aceh Timur, Begini Penekanannya

Sedangkan di gampong dalam Kabupaten Aceh Utara sudah disalurkan hingga bulan Oktober dan November, kepada keluarga penerima manfaat.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kapolres Aceh Utara, AKBP Riza Faisal, MM, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH, MH, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.(*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved