Breaking News:

Mengenal Pocut Meurah Intan, 'Singa Betina' Aceh yang Diperjuangkan Ganjar Jadi Pahlawan Nasional

Pocut Meurah Intan lahir pada tahun 1833 di Tuha Biheue, sebuah kawasan di Desa Tiji, Kabupaten Pidie, Aceh. Sehingga, nama lainnya Pocut Di Biheue

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Amirullah
dok.nationalgeographic.grid.id
Pocut Meurah Intan 

SERAMBINEWS.COM - Aceh memiliki banyak pejuang-pejuang tangguh. Tak hanya laki-laki, Aceh juga memiliki banyak pejuang perempuan yang gagah berani.

Termasuk Pocut Meurah Intan, pejuang perempuan asal Aceh yang namanya tak asing lagi dalam coretan-coretan sejarah Indonesia.

Meski dikenal sebagai pejuang besar, nama wanita yang dijuluki sebagai "Singa Betina" dari Aceh ini tidak ada dalam daftar Pahlawan Nasional.

Pocut Meurah Intan juga tidak dimakamkan di taman makam pahlawan.

Bukan juga di suatu tempat di tanah asal kelahirannya, melainkan di sebuah desa yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Oleh sebab itu, pada Selasa (9/11/2021) kemarin, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tergerak untuk ziarah ke makam Pocut Meurah Intan.

Kedatangan Ganjar ke makam pejuang perempuan asal Aceh ini tepatnya satu hari sebelum peringatan Hari Pahlawan yang jatuh di hari ini, Rabu (10/11/2021).

Ia juga tak sendiri, sang istri Siti Atikoh juga turut mendampingi.

Baca juga: Ganjar Siap Perjuangkan Gelar Pahlawan Nasional Untuk Pocut Meurah Intan Singa Betina dari Aceh

Pada kedatangannya inilah, Ganjar di hadapan keluarga Pocut Meurah Intan, puluhan mahasiswa Aceh dari berbagai daerah yang tergabung dalam Persaudaraan Antar Etnis Nusantara (Perantara) dan sejumlah warga Aceh yang ada di Jateng juga ikut berziarah ke makam sang pahwalan, mengaku siap memperjuangkan gelar pahlawan nasional kepada Pocut Meurah Intan.

"Tentu akan kami bantu karena itu bentuk penghormatan kita. Darimanapun berada, ya inilah Indonesia. Segera kami ajukan," katanya.

Ganjar Ziarah ke Makam Pejuang Aceh Pocut Meurah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh berziarah ke Makam Pejuang Aceh Pocut Meurah Intan pada Selasa (9/11/2021), satu hari sebelum peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. (For Serambinews.com)

Lalu, bagaimanakah sosok Pocut Meurah Intan?

Seperti apa perjuangannya melawan penjajah hingga kuburannya bisa berada jauh dari tanah kelahirannya?

Keturunan Kesultanan Aceh

Nama sang pahlawan saat ini diabadikan sebagai Taman Hutan Raya (Tahura) Pocut Meurah Intan, yang letaknya di antara perbatasan Kabupaten Pidie dan Aceh Besar di ketinggian Gunung Seulawah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved