Breaking News:

Jurnalisme Warga

Pesan Ahli Waris Cut Nyak Meutia di Hari Pahlawan

Hari Pahlawan 10 November yang setiap tahun diperingati menjadi salah satu momen mengenang sejarah perjuangan para pendahulu

Editor: bakri
Pesan Ahli Waris Cut Nyak Meutia di Hari Pahlawan
FOR SERAMBINEWS.COM
TEUKU ADRIANSYAH, cicit Cut Meutia dan Ketua BKPRMI Aceh, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH TEUKU ADRIANSYAH, cicit Cut Meutia dan Ketua BKPRMI Aceh, melaporkan dari Banda Aceh

Hari Pahlawan 10 November yang setiap tahun diperingati menjadi salah satu momen mengenang sejarah perjuangan para pendahulu.

Jika bukan karena jasa mereka, mungkin sampai saat ini kita masih belum bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan. Salah satu pahlawan yang patut dan layak kita kenang perjuangannya adalah Cut Nyak Meutia.

Beliau adalah seorang pejuang perempuan pada masa Kesultanan Aceh Darussalam. Ia lahir di Keureutoe, Aceh Utara, pada 15 Februari 1870.

Cut Nyak Meutia gugur dalam pertempuran dengan pasukan Belanda di Alue Kurieng, Aceh Utara, pada 24 Oktober 1910. Makam Cut Nyak Meutia berada di kawasan hutan lindung Gunung Lipeh, Ujung Krueng Keureutoe, Pirak Timur, Aceh Utara.

Beliau merupakan salah satu Pahlawan Nasional dari Aceh yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 107/1964 Tahun 1964.

Pada tahun 2016, Pemerintah RI mengabadikan wajahnya dalam pecahan uang kertas rupiah baru Republik Indonesia, pecahan Rp1.000.

Kisah kehidupan dan  perjuangan Cut Nyak Meutia layak menjadi inspirasi serta motivasi bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Saya sebagai cicitnya, putra Teuku Djohan yang berdomisili di Banda Aceh, sangat mendukung dan mendorong agar semua elemen masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi kemasyarakatan/organisasi kepemudaan (OKP) dan pemerintah menjadikan Cut Nyak Meutia sebagai sumber inspirasi dan motivasi dalam aktivitasnya.

Pihak sekolah dan orang tua pun perlu memberikan edukasi mengenai betapa pentingnya kita mengenal sejarah perjuangan para pahlawan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved