Breaking News:

Berita Aceh Barat

Kongres Santri Pancasila Dipusatkan di Aceh Barat, Bupati: Bumikan Pancasila dari Aceh Hingga Papua

Ribuan Santri dan ulama di Aceh meramaikan kegiatan Kongres Pancasila se-Aceh yang dipusatkan di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh, Aceh Barat

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/SA’DUL BAHRI
Ramli MS, Bupati Aceh Barat 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Ribuan Santri dan ulama di Aceh meramaikan kegiatan Kongres Pancasila se-Aceh yang dipusatkan di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang akan berlangsung sejak Jumat-Sabtu, 12-13 November 2021.

Kegiatan tersebut akan dibuka pada Sabtu (13/11/2021) nanti malam, ba’da Isya yang akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin diwakili oleh Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), RI, Prof Yudian Wahyudi.

“Konngres Santri Pancasila akan dibuka langsung oleh Kepala BPIP RI, Prof Yudian Wahyudi mewakili Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin,” kata Sekretaris Panitia Kongres Santri Pancasila, Irsadi Aristora kepada Serambinews.com, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Pertemuan Ulama Aceh Hasilkan Sejumlah Rekomendasi, Salah Satunya Aceh Butuh Dewan Syariah Siyasah

Disebutkan, pada Jumat pagi perwakilan para santri dari berbagai kabupaten kota di Aceh sudah berdatangan dan berada di Aceh Barat, serta para ulama, Ketua MPU, MAA, Ketua MPD se-Aceh yang telah diundang sebagian juga sudah berada di Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan usulan dari kalangan ulama, santri, tokoh masyarakat, dan pemuda di Aceh Barat, guna meningkatkan penguatan dan pembumian Pancasila yang dimulai dari Aceh hingga ke Papua nantinya.

“Kita berterima kasih kepada BPIP RI yang sudah mendukung secara penuh usulan kegiatan ini, sehingga kegiatan Kongres Santri Pancasila dipusatkan di Meulaboh,” ungkapnya.

Baca juga: 2.753 Tenaga Harian Lepas di Pemko Lhokseumawe tak Lagi Diperpanjang Kontrak Tahun 2022

Kongres tersebut juga diharapkan untuk terus mendorong peningkatan rasa cinta Tanah Air kepada kalangan masyarakat, santri dan seluruh elemen masyarakat di Aceh, agar terus mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan tersebut juga untuk terus menumbuhkan kecintaan terhadap NKRI, karena Pancasila dan UUD 1945 ini dirumuskan oleh para ulama di Indonesia.

Baca juga: Sekda Aceh Mondok Semalam di Dayah Perbatasan Manarul Islam, Ini Pesannya Kepada Santri

Menyangkut dengan kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mendukung penuh kegiatan tersebut, dimana ide dan gagasan dalam pelaksanaan Kongres Santri Pancasila se-Aceh itu berasal dari Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan tersebut nantinya diharapkan akan menjadi perekat tali persaudaraan, dan menciptakan para generasi muda yang cinta terhadap tanah airnya sendiri.(*)

Baca juga: Jalan Ke Pante Peusangan Bireuen Rusak Parah Hingga Hambat Aktivitas Masyarakat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved