Breaking News:

Opini

Wakaf  Investasi Amal Abadi

Setidaknya ada empat term dalam Islam berkaitan dengan kepemilikan (harta), yaitu zakat, infak, sedekah, dan wakaf

Editor: bakri
Wakaf  Investasi Amal Abadi
For Serambinews.com
Abdul Gani Isa, Ketua BWI Perwakilan Aceh/Anggota MPU Aceh

Oleh Abdul Gani Isa, Ketua BWI Perwakilan Aceh/Anggota MPU Aceh

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai, dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS.Ali Imran:192)

Empat Term

Setidaknya ada empat term dalam Islam berkaitan dengan kepemilikan (harta), yaitu zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Keempat term ini memiliki kesamaan namun juga ada perbedaannya. Zakat disebutkan Alquran di banyak tempat – lebih 32 kali – wajib menunaikannya bagi yang aghniya’ bila memenuhi dua hal (a) haul dan (b) sampai nisab, baik benda tetap maupun benda bergerak.

Di samping itu zakat di didistribusikan habis kepada delapan asnaf (QS at-Taubah: 60), tidak boleh disimpan. Infak merupakan harta yang diberikan seorang muslim dalam jumlah yang tidak ditentukan menurut kemampuannya baik ia kaya maupun miskin, dan diperuntukkan untuk kepentingan manusia secara umum.

Sementara sedekah mengeluarkan harta dengan ikhlas untuk kepentingan agama, baik berupa materi maupun immateri, juga termasuk untuk alam lingkungan secara luas – tumbuh-tumbuhan dan binatang. Sedangkan wakaf adalah pemberian harta benda baik yang bersifat tidak bergerak maupun benda bergerak dari si wakif untuk selama-lamanya dan manfaat (hasilnya) digunakan sesuai ikrar si wakif.

Makna

Kata wakaf berasal dari bahasa Arab yaitu waqafa yang berarti menahan, menghentikan, atau mengekang. Menurut istilah, wakaf adalah menahan harta yang dapat diambil manfaatnya tanpa menghabiskan atau meneruskan bendanya (‘ainnya) dan digunakan untuk kebaikan.

Sementara itu, defenisi wakaf dalam terminologi fikih adalah penahanan pemilikan atas hartanya yang dapat dimanfaatkan tanpa mengubah substansi dari segala bentuk tindakan atasnya dan mengalihkan manfaat harta tersebut untuk salah satu ibadah pendekatan diri kepada Allah dengan niat mencari ridha-Nya.

Menurut Undang-undang Wakaf Nomor 41 Tahun 2004, wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya dan untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan atau kesejahteraan umum menurut syariah. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wakaf adalah benda bergerak atau tidak bergerak yang disediakan untuk kepentingan umum (Islam) sebagai pemberian yang ikhlas. Bisa juga artinya hadiah atau pemberian yang bersifat suci.

Halaman
123
Sumber: Sinyal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved