Breaking News:

Opini

Ikafensi, Harapan, dan Kenyataan

IKATAN Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Ikafensi) merupakan perkumpulan lulusan dari perguruan tinggi menyatukan diri

Editor: bakri
hand over dokumen pribadi
Prof Dr Apridar SE MSi, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh dan Ketua Asosiasi Ahli Dosen Republik Indonesia (ADRI) Aceh 

Oleh Prof Dr Apridar SE MSi, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh dan Ketua Asosiasi Ahli Dosen Republik Indonesia (ADRI) Aceh

IKATAN Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Ikafensi) merupakan perkumpulan lulusan dari perguruan tinggi menyatukan diri untuk meneruskan cita-cita almamater dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tugas mulia yang diemban tersebut, membuat perkumpulan tersugesti dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah untuk dijabarkan kepada kegiatan pengabdian secara professional di lapangan.

Sudah menjadi kebiasaan dalam setiap pertemuan yang dilakukan, akan terkenang memori indah dalam menjalankan proses pembentukan karakter kesarjanan yang akan terinspirasi untuk mampu melahirkan berbagai inovasi dengan karya nyata. Potensi luar biasa yang dimiliki oleh perkumpulan para akademisi tersebut, menjadikan majelis sarjana/berilmu sebagai golongan dengan derajat kemuliaan yang dilebihkan oleh sang pencipta.

Ikafensi yang juga tergolong sebagai organisasi sosial kemasyarakatan berkantor pusat di Kota Banda Aceh telah memiliki cabang di berbagai provinsi dan kabupaten kota serta cabang luar negeri, telah banyak membantu anggota serta sivitas akademika almamaternya berkiprah dalam masyarakat. Karya nyata yang telah ditoreh tersebut, menjadikan kebanggaan tersendiri dapat bergabung dalam kelompok cendikiawan yang berprofesi bidang ekonomi dan bisnis.

Sebagaimana ungkapan Ketua Ikafensi Amal Hasan, bahwa para anggota yang juga merupakan alumni Fakultas Ekonomi USK tersebut jumlahnya ada 26 ribu orang alumni yang tersebar di seluruh daerah serta luar negeri. Untuk dapat terhubung para anggotanya, pengurus berusaha mendata para alumni dengan mengisi daftar anggota yang telah disiapkan secara online. Bagi mereka yang telah mengisi serta melengkapi persyaratan, akan diproses pembuatan kartu anggota sekaligus dapat digunakan untuk akses Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berupa kartu debit milik perbankan yang ada di Aceh namun bisa di akses secara nasional.

Kartu anggota yang telah terkonek dengan link ATM perbankan, diharapkan pemiliknya dapat eksis serta memiliki kemudahan dalam segala bisnis perbankan di Aceh khususnya. Membangun konektivitas bidang ekonomi bisnis oleh Ikafensi, merupakan salah satu program sebagai mana yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam membangun perekonomian serta muamalah dalam masyarakat. Contoh nyata tersebut memberikan inspirasi bagi pengurus sehingga menjadikan prioritas utama dalam menggerakkan roda organisasi.

Komunikasi inten terus dibangun dengan berbagai pihak, utamanya dengan kampus almamater untuk memperkuat ekonomi rakyat yang tergolong dalam Usaha Mikro Kecil Mandiri (UMKM).

Sinergisitas dalam pembinaan berupa pelatihan dan kursus singkat terhadap UMKM yang dipadukan dengan program pengabdian dari tenaga pengajar yang ada di kampus, tentu akan meningkatkan daya guna serta penguatan ekonomi rakyat.

Dengan pihak pemerintah kota juga telah dijalin dalam membangun lembaga zakat produktif. Konsep pemberdayaan ekonomi ummat yang terinspirasi dari Alquran dan sunnah sebagai rujukan jalan keselamatan, telah mampu menjabarkan program peningkatan kesejahteraan berkelanjutan. Kapasitas keilmuan dimiliki lulusan ekonomi dan bisnis terbukti dapat mengimplementasikan teori ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat yang telah dibingkai dengan aturan syariah. Sehingga majelis mulia tersebut mampu memberikan pencerahan dan kucuran kebajikan dari menara air yang dapat menghilangkan dahaga terhadap kemiskinan.

Harapan Masyarakat

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved