Breaking News:

Berita Abdya

KPMG Abdya Diminta Bisa Tingkatkan Kemampuan Masyarakat

“Kami meminta, dengan digelarnya pelatihan ini, maka KPM mampu melahirkan sejumlah masyarakat yang berkompeten dalam menyusun program-program...

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Camat Kuala Batee, Khairuman saat membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasistas Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPMG) yang dilaksanakan oleh BKAD Kecamatan setempat, Sabtu (13/11/2021). 

“Kami meminta, dengan digelarnya pelatihan ini, maka KPM mampu melahirkan sejumlah masyarakat yang berkompeten dalam menyusun program-program pemberdayaan masyarakat, guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar camat Kuala Batee, Khairuman.

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.C,BLANGPIDIE -  Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) khususnya, diminta mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat gampong.

Hal tersebut ditegaskan, Camat Kuala Batee, Khairuman saat membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasistas Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPMG) yang dilaksanakan oleh BKAD Kecamatan setempat, Sabtu (13/11/2021).

“Kami meminta, dengan digelarnya pelatihan ini, maka KPM mampu melahirkan sejumlah masyarakat yang berkompeten dalam menyusun program-program pemberdayaan masyarakat, guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar camat Kuala Batee, Khairuman.

Menurutnya, pada kegiatan yang dilaksanakan di gedung serbaguna kantor Camat Kuala Batee itu, KPM mempunyai peran pokok sebagai pelopor, penggerak, pembimbing, perencana, perantara, pelaksana dan pembaharuan dalam manajemen pemberdayaan masyarakat.

"Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya pengembangan kemampuan dan kemandirian masyarakat, agar dapat mendaya gunakan segala potensi dan sumber daya yang ada untuk mempertahankan taraf kehidupan," katanya.

Ia meminta kepada 42 peserta yang mengikuti kegiatan itu, memiliki makna sebagai upaya peningkatan sistem pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Stok Vaksin Sinovac di Abdya Menipis, Tersisa 420 Dosis

"Juga penguatan kelembagaan atau pengorganisasian masyarakat dalam meningkatkan kemampuan warga secara individu," kata Khairuman.

Ia berharap melalui pelatihan KPM itu, melahirkan kader-kader yang mampu menyusun rencana kerja yang transparan dan akuntabel, serta dapat bekerja sama dengan pemerintah gampong.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bakan Koordinasi Antar Desa (BKAD) itu, dibagi dua kelompok dimana kader teknik berlokasi aula kantor Camat sementara kader pemberdayaan berlokasi di kantor desa Kota Bahagia.

Kegiatan ini digelar selama sehari itu dan dibantu oleh pendamping kabupaten, pendamping desa, pendamping lapangan desa, dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.(*)

Baca juga: Pelabuhan Surin di Abdya Mulai Dikerjakan, Akmal Ibrahim: Nyoe Kon MoU Beh

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved