Breaking News:

Salam

Politik Aceh Harus Diperbaiki

Ratusan ulama sepuh dan muda yang bersilaturahmi di Banda Aceh dua hari lalu melahirkan 11 rekomendasi yang salah satunya

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/ MASRIZAL
Para ulama Aceh melakukan silaturahmi akbar di Gedung Hj Yusriah, kawasan Darul Imarah, Aceh Besar berakhir pada Kamis (11/11/2021). 

Ratusan ulama sepuh dan muda yang bersilaturahmi di Banda Aceh dua hari lalu melahirkan 11 rekomendasi yang salah satunya adalah mendorong perbaikan politik di Aceh.  Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop Jeunieb) yang juga inisiator silaturahmi tersebut mengatakan, inti dari pertemuan tersebut adalah bagaimana para ulama memiliki peran dalam perbaikan politik sehingga menjadi paradigma baru dalam perpolitikan di Aceh. “Kita mengharapkan semua parpol--baik yang sudah ada maupun yang akan ada--di Aceh agar berkomitmen untuk memperkuat syariat dalam rangka perbaikan paradigma berpolitik bagi semua aspek kehidupan umat,” harap Tu Sop.

Poin lain dalam rekomendasi itu, ulama perlu terus menjaga dan mengawal supaya seluruh kinerja eksekutif, legislatif, dan yudikatif di Aceh tetap dalam bingkai syariat Islam. Para ulama juga sangat mendukung keberlanjutan perdamaian Aceh yang sudah dicapai melalui MoU Helsinki sebagai modal bagi pembangunan dan kesejahteraan Aceh.

Selanjutnya, peserta silaturahmi merekomendasikan bahwa upaya-upaya untuk melakukan amandemen atau revisi UUPA yang sedang bergulir diharapkan tidak mendegradasikan kewenangan-kewenangan Aceh yang khusus dan istimewa.

Pada poin lainnya, ulama pun menawarkan beberapa hal kepada parpol di Aceh yang berkaitan dengan perbaikan dalam bidang politik dan pemerintahan. Antara lain, mendorong perubahan AD/ART parpol di Aceh supaya secara jelas memberi komitmen terhadap pelaksanaan amar ma’ruf dan nahi mungkar dalam bidang politik dan pemerintahan.

Kemudian, mengimbau parpol supaya meminta pendapat dan pertimbangan ulama dalam pengambilan kebijakan di dalam partai maupun sikap partai terhadap persoalan publik, termasuk berkaitan dengan pencalonan kepala daerah dan anggota legislatif.

Ulama juga menawarkan supaya seluruh parpol membuat pakta integritas dalam rangka menegakkan amar ma’ruf dan nahi mungkar dalam bidang politik dan pemerintahan. Yang juga tak kalah penting, para ulama mendorong lahirnya regulasi yang mengatur penyelengaraan kehidupan politik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam supaya seluruh parpol di Aceh terikat dan terlibat dalam implementasi syariat Islam.

Silaturahmi ulama itu harus kita lihat sebagai uoaya ulama untuk memberi kontribusi yang lebih luas lagi bagi umat dan daerah ini. Oleh sebab itu, kita sangat mengapresiasi silaturahmi tersebut dan apa yang dihasilkan dari pertemuan dimaksud hendaknya mendapat respon positif dari para elit politik di Aceh.

Ulama sendiri, pada era sekarang dihadapkan pada berbagai tantangan. Tidak hanya sebagai rujukan di bidang agama, tetapi ulama juga dituntut mampu memberi contoh, baik dalam kehidupan sosial bermasyarakat atau politik, pendidikan, maupun ekonomi.

Maka forum silaturahmi itu kita lihat sebagai momentum penting untuk meneguhkan peran tersebut. Makanya, sekali lagi, kita berharap, rekomendasi yang dihasilkan dan memang sudah menyentuh akar persoalan, hendaknya bisa direalisasikan oleh eksekutif maupun legislatif di daerah ini.

Akhir-akhir ini ulama sudah sering bahkan memang perlu tampil ke depan dalam rangka mengembalikan wajah Islam  yang damai, cerdas, dan berkeadaban. Sepanjang sejarah, peranan mereka sangat krusial mampu memengaruhi tatanan keagamaan, sosial, politik, dan bahkan ekonomi.

Selain itu, kita juga menilai, ada persoalan penting menanti konstribusi aktif ulama, yaitu inisiatif dalam mengentaskan umat dari derita kemiskinan. Sebab, salah satu permasalahan yang menjadi akar kekerasan, radikalisasi, dan terorisme adalah persoalan kemiskinan yang masih melanda sebagian besar umat. Kemiskinan memaksa orang untuk menghalalkan segala cara dalam mendapatkan kehidupan. Nah?!

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved