Breaking News:

1.260 UMKM akan Terima Peralatan Kerja

Sebanyak 1.260 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  di Aceh yang lulus tes wawancara akan segera menerima bantual modal

Editor: hasyim
SERAMBINEWS.COM/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Helvizar Ibrahim mengatakan, total nilai bantuan ini yang akan direalisasikan sebesar Rp 27,5 miliar. 

BANDA ACEH - Sebanyak 1.260 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  di Aceh yang lulus tes wawancara akan segera menerima bantual modal peralatan terjadi dari pemerintah Aceh. Penyaluran bantuan tersebut akan berlangsung 26 November-12 Desember 2021.

“Pengumuan tes wawancara sudah dilakukan di masing-masing Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota pada akhir Oktober lalu,” jelas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Helvizal Ibrahim, Minggu (14/11/2021).

Dikatakan, pemohon program stimulus bantuan modal peralatan kerja dari pemerintah Aceh berjumlah 7.222 UMKM. Dari jumlah itu, yang lulus seleksi administrasi 4.920 UMKM. Setelah dilakukan tes wawancara, yang lulus sebanyak 1.260 UMKM.

Dari 1.260 UMKM yang lulus tes wawancara, ungkap Helvizar Ibrahim, masih ada 3.660 pelaku UMKM yang membutuhkan bantuan peralatan modal kerja. “Diskop dan UKM Aceh ingin membantu sebanyak-banyaknya peralatan modal kerja kepada pelaku UMKM. Tapi, karena anggaran yang dialokasikan tahun 2021 hanya Rp 27 miliar, maka anggaran itu hanya bisa membantu 1.260 pelaku usaha,” tuturnya.

Dalam penyalurannya dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori individu/wirausaha pemula, serta kategori wirausaha lanjutan.

Helvizar menambahkan, dari 23 kabupaten/kota yang mengajukan pemohon bantuan peralatan modal kerja, Kota Banda Aceh merupakan penerima terbanyak, sekitar 128 UMKM. Disusul Aceh Besar 120 penerima, dan Aceh Selatan 122 penerima.

Selain itu, Nagan Raya 89 orang, Aceh Barat 87 orang, Bener Meriah 77 orang, Aceh Tengah 74 orang, Bireuen 73 orang, Aceh Timur 65 orang. Sementara yang paling sedikit, Gayo Lues 6 orang, Aceh Singkil 8 orang, Subulussalam 10 orang.

Jenis peralatan kerja yang akan diberikan beragam. Diantarnya, mesin jahit, peralatan bengkel sepada motor, peralatan olah kopi, peralatan peras santan, alat pertukangan, bengkel las, sablon, penggilingan mi, peralatan doorsmeer, becak barang, laundri.

Kemudian,  peralatan pangkas rambut, peralatan kerajinan rotan bambu, peralatan pengolahan VCO, peralatan buat perabot kayu, ternak ayam kampung, peralatan buat saos, alat olah kertas bekas, peralatan pembutan es batang, peralatan buat keripik pisang dan ubi, peralatan fotografi, peralatan buat kue tradisional, alat olah turunan minyak atsiri dan lainnya.(her)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved