Breaking News:

Habib Rizieq Shihab

Bantah Tudingan Habib Rizieq Ditahan di Bawah Tanah, Mabes Polri: Gedungnya Layak, Pakai AC 24 Jam

Video yang berdurasi 1.30 menit itu memperlihatkan Haikal Hassan tengah duduk di sebuah ruangan bersama sejumlah orang.

Editor: Eddy Fitriadi
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Habib Rizieq Shihab. Bantah tudingan Habib Rizieq ditahan di bawah tanah, Mabes Polri: gedungnya layak, pakai AC 24 jam. 

SERAMBINEWS.COM - Sebuah video pria yang diduga Haikal Hassan menyatakan eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) yang merupakan tersangka kasus UU Kekarantinaan, Habib Rizieq Shihab ditahan di Ruang Bawah Tanah di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Video yang berdurasi 1.30 menit itu memperlihatkan Haikal Hassan tengah duduk di sebuah ruangan bersama sejumlah orang.

Pada saat itu, dia menyinggung Rizieq Shihab yang kini tengah ditahan di bawah tanah tanpa sinar matahari.

Merespons hal itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan membantah informasi yang disampaikan dalam video yang beredar tersebut.

Ia memastikan tahanan yang ditempatkan Habib Rizieq Shihab dalam kondisi yang layak.

"Jadi pada prinsipnya bahwa Polri menghargai HAM. Tentu walau statusnya tersangka, tentu tidak ada perlakuan seperti itu. Ini saya luruskan. Jadi kalau penjelasan di bawah tanah, nanti orang punya persepsi di bawah tanah," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Ramadhan memastikan tahanan Rizieq berada di gedung yang layak.

Bahkan, tim Rutan Bareskrim juga menyiapkan pendingin ruangan yang beroperasi 24 jam non stop.

"Itu gedungnya layak. Tetap menggunakan AC ya dan AC-nya 24 jam. Jadi perlakuannya sama. Jadi prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahanan lain. Tidak ada perbedaan," ujarnya. 

Ramadhan memastikan seluruh tahanan di Rutan Bareskrim mendapatkan hak yang sama. Termasuk, Rizieq Shihab yang kini ditahan atas pelanggaran UU Kekarantinaan.

"Kita tidak lihat statusnya apa. Tapi semua perlakuan sama, semua dapat perlindungan, dapat hak, hak terima makan, hak dia terima kesehatan, bila dia sakit diperlakukan sama. Kan kita pernah share juga beliau sedang makan. Hak beliau untuk ibadah kita berikan. Jadi tidak ada perbedaan," jelasnya.

Atas dasar itu, Ia memastikan kabar Rizieq Shihab mendapatkan perlakuan tidak manusiawi di Rutan Bareskrim Polri tidak benar.

"Jadi pengertian di bawah tanah itu basement. Tapi basement itu sangat layak. Sama kayak ruang ini. Udah diukur standar kesehatannya. Jadi pengertian di bawah tanah itu jangan timbulkan konotasi di dalam tanah. Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu. Tetapi kondisinya tetep ada ruang AC," ucapnya.

Dalam video yang beredar itu, Pria yang diduga Haikal Hassan menyatakan Rizieq Shihab ditahan di ruangan tanpa sinar matahari di bawah tanah selama 9 bulan terakhir.

"HRS udah hampir 9 bulan dia belum liat matahari karena di bawah tanah. Di bawah tanah, gak ada salahnya. Jahat banget ya Allah. 9 bulan orang gak lihat matahari gimana coba," kata pria yang diduga Haikal Hassan seperti video yang beredar pada Senin (15/11/2021).

Dalam kesempatan itu, dia menyatakan Rizieq Shihab sempat menitipkan pesan kepada umat atau pengikutnya.

"Beliau bilang jangan takut andai kata saya terbunuh, demi Allah bangkitkan lagi 1.000 Habib yang akan lanjutkan perjuangan ini. Pasti akan Allah bangkitkan ulama-ulama yang melanjutkan perjuangan," jelasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Mabes Polri Bantah Tudingan Rizieq Ditahan di Bawah Tanah, Tapi di Basement Bareskrim: AC 24 Jam"

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved