Breaking News:

Belanda vs Norwegia, Laga Hidup Mati

LAGA hidup mati akan tersaji di Stadion de Kuip, Rotterdam, Belanda yang lengang tanpa penonton, Rabu (17/11/2021) dini hari WIB

Editor: bakri
For Serambinews.com

LAGA hidup mati akan tersaji di Stadion de Kuip, Rotterdam, Belanda yang lengang tanpa penonton, Rabu (17/11/2021) dini hari WIB. Tuan rumah The Oranje akan menjamu Norwegia dalam laga pemungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hasil imbang saja sebenarnya sudah cukup mengantarkan Belanda untuk lolos langsung ke Qatar sebagai juara grup. Namun, jika skuat asuhan Louis van Gaal ini kalah, mereka berisiko tergeser ke peringkat dua, yang artinya harus ikut babak play-off. Lebih buruk lagi, bisa saja Oranye terpuruk ke peringkat tiga, yang artinya gagal lolos.

Persaingan di grup G ini bisa dibilang yang paling panas di Zona Eropa hingga hari terakhir babak kualifikasi. Pada klasemen sementara, Belanda saat ini berada di posisi pertama dengan 20 poin (selisih gol +23) dari sembilan laga. Turki di urutan kedua dengan 18 poin (SG +10), dan Norwegia di tempat ketiga dengan poin 18 juga tapi kalah selisih gol (SG+9).

Ketiga negara ini sama-sama masih punya peluang untuk lolos langsung. Bagi Belanda, aturannya jelas. Mereka bisa lolos langsung jika menang, atau seri. Kalau kalah, itu akan tergantung kepada hasil dari Turki kontra Montenegro. Demikian juga Norwegia. Jika pun menang, mereka akan tergantung kepada hasil dari Turki untuk menentukan apakah lolos langsung, atau harus lewat babak play-off.

Pelatih Louis van Gaal untungnya sudah familiar dengan tekanan tinggi seperti ini. Pelatih berusia 70 tahun ini akan menggunakan segala pengalamannya untuk meloloskan Oranye langsung ke Qatar.

Tugas pertamanya adalah mengubah kekecewaan hasil imbang 2-2 kontra Montenegro di laga terakhir, menjadi ‘cambuk’ untuk melecut lagi motivasi para pemain.

Laga terakhir itu memang seperti mimpi buruk. Oranye unggul cepat 2-0 lewat brace Memphis Depay. Namun, di pengujung babak kedua, dua gol lawan dalam durasi empat menit, membuat segalanya berantakan. Laga pun berakhir 2-2. Dan Belanda harus menunda dulu mimpi langsung mendapat tiket ke Qatar.

Usai laga, para pemain bintang Belanda seperti Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, dan Memphis Depay tak bisa menahan kemarahannya. "Keterlaluan," kata Van Dijk. 'Kekanak- -kanakan," ujar De Jong. "Superbodoh," cetus Depay.

Van Gaal ogah menyalahkan para pemain. Tapi, dia berjanji timnya akan jauh lebih baik di laga penentu kontra Norwegia. "Saya masih sangat yakin kita akan bisa lolos langsung," katanya menegaskan. Van Gaal pastinya belajar banyak dari amburadulnya pertahanan Oranye di sepuluh menit terakhir laga lawan Montenegro. Pergantian dua gelandang sentral, Frenkie De Jong, dan Georginio Wijnaldum benar-benar membuat keseimbangan Oranye jadi terganggu.

Sebaliknya, kehadiran Noa Lang, Teun Koopmeiners, Steven Bergwijn, dan Ryan Gravenberch malah membuat situasi Belanda jadi semakin buruk. Melawan Norwegia, van Gaal bakal kembali mengandalkan sang mesin golnya, Depay. Peran striker Barcelona berusia 27 tahun ini memang sangat vital.

Di kualifikasi ini, Depay sudah terlibat dalam 17 gol dari keseluruhan 31 gol Belanda. Dengan demikian, 55 persen dari gol tim Oranye lahir dari kaki sang bomber ini meliputi sebelas gol, dan enam assists. Total, Depay sudah menyumbangkan 37 gol, dan 28 assists dari 74 laga untuk tim Oranye. Torehan golnya menyamai dua legenda Belanda, Dennis Bergkamp, dan Arjen Robben untuk menduduki peringkat empat topskor Oranye sepanjang masa.

Di kubu Norwegia, mereka sangat terpukul dengan cederanya sang mesin gol, Erling Braut Haaland. Sejak striker Borussia Dortmund ini cedera, kekuatan tim berjuluk The Landslaget itu memang sangat menyusut. Terakhir Haaland bermain saat mengemas hattrick ke gawang Albania 5-1. Tanpa sang bomber, Norwegia pun krisis gol.

Tiga laga terakhir, The Landslaget hanya bisa meraup lima poin hasil sekali menang, dan dua kali seri. Termasuk laga terakhir saat hanya bisa imbang 0-0 kontra Latvia. Hasil buruk itu membuat posisi Norwegia kini terancam bahaya besar untuk gagal lolos ke Piala Dunia 2022. (tribunnews/den)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved