Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Personel Kodim Aceh Jaya Dilatih Konservasi Gajah Sumatera

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperkuat upaya pencegahan serta penegakan hukum kejahatan perburuan dan perdagangan satwa liar.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Taufik Hidayat
FOR SERAMBINEWS.COM
Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggelar Pelatihan Konservasi Gajah Sumatera di Joglo Makodim di Desa Bahagia Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (16/11/2021). 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Kodim 0114/Aceh Jaya mendapatkan Pelatihan Teknis dan Peningkatan Kapasitas Ilmu Konservasi Bagi Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Perangkat Desa.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperkuat upaya pencegahan serta penegakan hukum kejahatan perburuan dan perdagangan satwa liar dilindungi terkhusus gajah sumatera di provinsi Aceh.

Acara itu digelar Badan Konservasi Sumber Daya Alam Aceh (BKSDA) dan berlangsung di Joglo Makodim di Desa Bahagia Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (16/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut BKSDA menjelaskan jika di Aceh Jaya sendiri saat ini dalam kurun waktu 2020 hingga sekarang tercatat sebanyak lima ekor gajah sumatera ditemukan mati di beberapa titik di kabupaten itu.

Pelatihan itu sendiri dilakukan sebagai upaya memberikan pemahaman kepada babinsa, bhabinkamtibmas, serta elemen masyarakat dalam upaya pencegahan kematian gajah yang disebabkan oleh racun, pagar listrik ilegal, jerat, serta perburuan liar.

Hal itu disampaikan oleh drh Taing Lubis yang merupakan dokter ahli hewan BKSDA Aceh dalam materi yang dipaparkan dirinya.

"Pembekalan ilmu konservasi ini merupakan bakal dalam melakukan pencegahan perburuan gajah sumatera aceh, dan mampu memplementasikan pengetahuan dan bersenergi dilapangan dalam upaya pencegahan dan penyelamatan populasi gajah sumatera aceh," terangnya kepada peserta.

Baca juga: Ghazali Abbas Adan Apresiasi Hasil Silaturahmi Ulama Aceh & Sentil Wali Nanggroe, Begini Sindirannya

Baca juga: Heboh Tulisan Terima Kasih Vale di Motor Valentino Rossi, Ternyata Bukan dari Indonesia

Sementara itu, Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Arm David Eldo, diwaliki Kasdim Mayor Inf Samsudin menyampaikan jika pelatihan yanh diterima para personelnya dengan sejumlah masyarakat sangatlah bermanfaat.

“Materi dan ilmu yang diberikan kepada kita sangatlah bermanfaat terutama dalam melestarikan populasi gajah sumatera Aceh dan juga proses hukum bagi pelaku kejahatan dan menyebabkan kematian gajah di wilayah kita, untuk itu kita harus benar – benar menerima kesempatan ini bersama,” tutur Kasdim.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved