Breaking News:

Jurnalisme warga

Kampanye Membaca, Cara Jitu Meningkatkan Budaya Baca

Kamis, 8 November 2021 saya ditelepon oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Bapak Dr Edi Yandra MSP

Editor: bakri
Kampanye Membaca, Cara Jitu Meningkatkan Budaya Baca
FOR SERAMBINEWS.COM
SITI RAHMAH, S.H., M.Kn., Pegiat Literasi dan Founder Warung Penulis, melaporkan dari Blangpidie, Aceh Barat Daya

OLEH SITI RAHMAH, S.H., M.Kn., Pegiat Literasi dan Founder Warung Penulis, melaporkan dari Blangpidie, Aceh Barat Daya

Kamis, 8 November 2021 saya ditelepon oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Bapak Dr Edi Yandra MSP. Beliau meminta saya untuk bersedia memberikan materi dalam kegiatan kampanye membaca yang dilaksanakan oleh DPKA bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat Daya (Abdya).

Jujur saja, saya sangat senang diajak untuk ikut dalam acara tersebut. Kemudian, pada tanggal 10 November 2021 pukul 14.20 WIB saya dan tim dari DPKA menuju Aceh Barat Daya dengan dua mobil.

Saya semobil dengan enam orang. Di antaranya, Kepala Bidang Layanan Perpustakaan DPKA, Bapak Zulfadli MM, Ibu Nurmala Dewi (Pustakawan DPKA), dan Windy Pagta (Staf Bidang Program BPKA) yang tugasnya mendokumentasikan kegiatan.

Di dalam mobil tersebut ada juga Bang Herman RN, Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) yang perannya sama dengan saya, yakni pemateri dalam kampanye membaca di Abdya. Bang Herman adalah teman lama saya yang juga konsen di dunia literasi. Mobil Innova hitam yang kami tumpangi dikemudikan oleh Bang Johar.

Perjalanan menuju Abdya sangat mengesankan bagi saya, karena tim DPKA sangat ramah dan bersahabat. Ini kali pertama saya bertemu dan satu perjalanan dengan mereka. Kesan pertama begitu mendalam. Sepanjang jalan, ada saja hal yang kami diskusikan. Kekompakan begitu terasa.

Tiba waktu shalat kami berhenti di masjid. Dua kali kami berhenti untuk ngopi dan makan malam. Kami tiba di Blangpidie, ibu kota Aceh Barat Daya sekitar pukul 12.30 WIB.

Kamis, 11 November 2021, selesai sarapan pagi, saya dan tim dari DPKA menuju Gedung Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) Cabang Dinas Pendidikan Provinsi di Kabupaten Abdya. Terlihat para siswa dan mahasiswa ramai berdiri di sekitaran gedung. Sebagian sedang antre mengisi daftar hadir.

Program Kampanye Membaca ini bertemakan “Meningkatkan Budaya Baca Literasi Masyarakat Aceh dalam Rangka Mencerdaskan Generasi”.

Acara ini dibuka oleh Bupati Aceh Barat Daya, Akmal Ibrahim SH. Dihadiri ratusan siswa dan mahasiswa yang terdiri atas 50 pelajar SMP, 100 siswa SMA, 50 orang mahasiswa plus para pegiat literasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved