Breaking News:

Kupi Beungoh

Produk UMKM Aceh Raih Penghargaan dari Presiden, Saatnya Kita Gunakan Produk Lokal

Ketika produk UMKM asal Aceh diikutkan dalam seleksi nasional terbukti ia tak kalah saing, bahkan ada yang mendapat mendapat predikat terbaik nasional

Editor: Amirullah
ist
Aswar R. Paya adalah Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakermobduk Aceh 

Oleh : Aswar R. Paya*)

Produk yang dihasilkan oleh Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) di Aceh ternyata tidak kalah dari produk-produk luar.

Ketika produk UMKM asal Aceh diikutkan dalam seleksi nasional terbukti ia tak kalah saing, bahkan ada yang mendapat mendapat predikat terbaik nasional.

Baru-baru ini sebuah produk UMKM asal Aceh Barat Daya (Abdya), yaitu air mineral “Adant”, memperoleh penghargaan “Paramakarya” dari Presiden Republik Indonesia. “Paramakarya” adalah bentuk penghargaan tertinggi di negara ini untuk hasil karya anak bangsa.

Penghargaan untuk produk UMKM Adant diserahkan oleh Wakil Presiden Prof Dr KH Ma’aruf Amin di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (18/11/2021). Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT selaku pembina Dunia Usaha dan Dunia Industri di Aceh bersama H. Said Samsul Bahri selaku pemilik CV Dua Prima Lestari yang memproduksi air kemasan Adant.

CV Dua Prima Lestari adalah satu-satunya peusahaan dari Aceh yang lolos seleksi nasional dari enam perusahaan yang diusulkan Pemerintah Aceh. Ini artinya perusahaan lokal Aceh sudah mampu bersaing secara nasional.

Baca juga: Buruan! Harga Emas di Lhokseumawe Hari Ini Turun, Berikut Rincian Harganya

Sekilas Paramakarya

Penghargaan Paramakarya adalah penghargaan tertinggi dari Presiden Indonesia kepada kalangan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) atau perusahaan swasta yang berhasil meningkatkan kesadaran, pemahaman dan komitmen peningkatan produktivitas dan daya saing perusahaannya.

Penghargaan Paramakarya hanya dikhususkan pada perusahaan dengan permodalan dalam negeri saja dan tidak dibenarkan kepada perusahaan dengan permodalan asing maupun BUMN.

Dalam pemberian penghargaan produktivitas Paramakarya ada beberapa parameter yang diukur, yaitu:

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved