Breaking News:

Video

VIDEO Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Masuk Kategori 100 Masjid Terindah Se Nusantara

Dari pintu masuk komplek Masjid Agung Meulaboh tampak arsitektur gerbang utama dengan gaya arsitektur seperti monumen Arch de Triomphe di Perancis.

Editor: Hari Mahardhika

Laporan Yulham | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh merupakan satu dari 100 masjid terindah di Indonesia.

Kemegahan Masjid Agung Baitul Makmur terlihat dari bangunannya yang bergaya arsitektur perpaduan antara Timur Tengah, Asia dan Aceh.

Masjid yang terletak di Pusat Kota Meulaboh tepatnya di jalan Imam Bonjol, Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan ini mulai dibangun tahun 1987 atas ide Bupati Aceh Barat masa itu, Malik Ridwan Badai dan rampung pada bulan Juni tahun 1999.

Di Aceh, hanya terdapat dua masjid yang masuk kategori masjid terindah di Indonesia, yaitu Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh dan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh yang dicantumkan dalam buku 100 Masjid Terindah Indonesia karya penulis Teddy Tjokrosaputro Aryananda pada tahun 2011.

Masjid Agung Kota Meulaboh ini berdiri di atas tanah seluas 5.2 hektar dan memiliki luas bangunan 3.500 meter persegi.

Bangunan masjid terdiri dari dua lantai, dengan kapasitas jamaah 7000 orang lebih.

Dari pintu masuk komplek masjid tampak arsitektur gerbang utama dengan gaya arsitektur seperti monumen Arch de Triomphe di Perancis.

Sementara tiga kubah utama diapit dengan empat kubah kecil yang dipadu dua menara berbentuk lancip dan dilapisi cat berwarna emas.

Saat masuk ke area dalam masjid, terdapat tiga ruang sebagai pintu utama yang memiliki tiang megah berlapis gelang emas dan lapisan berwarna coklat cerah dan gelap.

Tiba di dalam ruang utama masjid, mata jamaah akan dimanjakan dengan ukiran kaligrafi yang tertata rapi dan megah di setiap sudut.

Hamparan granit berwarna kecoklatan muda pada lantai menambah sejuk saat kaki melangkah, diiringi hembusan angin merata di setiap sudut dengan tatanan ventilasi jendela.

Dibagian tengah terdapat mihrab yang megah dengan kaligrafi berwarna hijau dan keemasan di dinding.

Begitu pun ornamen lampu yang digantung pada ruang utama menambah indah langit langit masjid.

Narator: Ilham
Video Editor: Hari Mahardhika

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved