Breaking News:

Aceh Besar Juara Umum Atletik

Dominasi atlet Aceh Besar di cabang atletik belum juga ada hadangan. Teranyar, mereka keluar sebagai juara umum Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh

Editor: bakri
FOTO KIRIMAN CIK BOY
Atlet Aceh Besar foto bersama usai memastikan juara umum Pra-PORA cabang atletik di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (20/11/2021). Aceh Besar berhasil merebut delapan emas, empat perak, dan tiga perunggu. 

BANDA ACEH - Dominasi atlet Aceh Besar di cabang atletik belum juga ada hadangan. Teranyar, mereka keluar sebagai juara umum Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) di trek atletik Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, kemarin.

Kepastian mereka sebagai juara umum usai mengantongi delapan medali emas, empat perak, dan tiga perunggu. Kecuali itu, sebanyak 37 atlet mereka dipastikan lolos ke pentas PORA 2022 di Kabupaten Pidie.

Sebagaimana diketahui, Aceh Besar merupakan juara umum cabang atletik di PORA 2018 di trek atletik Stadion Jantho Sport Center (JSC). Kala itu, mereka berhasil mengoleksi 16 medali emas, sembilan perak, dan enam perunggu.

Dengan hasil ini, Aceh Besar membuka peluang besar untuk kembali mempertahankan gelar juara umum di PORA 2022 mendatang. Bukan rahasia lagi, kalau selama ini mereka selalu mendominasi cabang tersebut. Pun begitu, Aceh Besar harus tetap mewaspadai atlet tuan rumah Pidie.

Delapan emas Pra-PORA 2021 itu disumbangkan Margo Simalrige dari nomor 1.500 meter putra dan, 800 meter putra. Kemudian, sprinter Della Saphira berhasil juara untuk nomor bergengsi 100 meter putri, dan 200 meter putri.

Berikutnya, dari andil Andi Putra setelah mampu mendulang dua emas dari nomor 5.000 dan 10.000 putra. Selanjutnya, Muhammad Rifandi di nomor lempar cakram putra. Medali emas terakhir dipersembahkan oleh Anggi Hilal Akbar untuk nomor lompat jauh putra.

Raihan empat perak disumbangkan Lutfhia Auliani di nomor 100 meter dan 200 meter putri. Lalu, Rona Luthia (400 meter), dan Ega Fitriana di nomor 1.500 meter. Tiga medali perunggu berasal dari M Rifandi (tolak peluru), M Zulfakar (800 meter), dan Sartinah di nomor 400 meter putri.

Pra-PORA cabang atletik diikuti 21 kabupaten/kota minus Bener Meriah. Keberhasilan atlet Aceh Besar tak lepas dari sentuhan kuartet pelatih Firman, Syahrial, Fadli Anshari, plus Medi. “Khusus untuk Fuad Ramadhan dan Burhan, mereka langsung lolos karena atlet PON,” ungkap pelatih atletik Aceh Besar, Firman.

Ketua Umum Pengcab PASI Aceh Besar, Sulaimi melalui Sekum, Hamdani  kepada Serambi, kemarin, mengucapkan syukur atas kesuksesan atletnya dalam Pra-PORA 2021. “Untuk Pra-PORA, kami siapkan 22 atlet putra dan 15 putri. Alhamdulillah, 37 atlet kita semua lolos ke PORA tahun depan,” ungkap Hamdani.

Selama ini, sebut Hamdani, atlet mereka berlatih secara serius di trek atletik Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya. Dengan demikian, Della Saphira dkk sudah disiapkan secara matang sebelum turun ke arena Pra-PORA. Terlebih, mereka masih berusia muda sehingga bisa diandalkan di PORA 2022.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 324 atlet atletik dari 21 kabupaten/kota bersaing mengejar tiket PORA. Pra-PORA cabang atletik ini dibuka Wakil Ketua Umum III Bidang Litbang, Teuku Rayuan Sukma pada Jumat (19/11/2021).

Ketua KONI Aceh Besar, Muhibuddin Ibrahim kepada Serambi, petang kemarin, menyambut gembira atas keberhasilan Pengcab PASI dan atlet yang sukses tampil sebagai juara umum atletik di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya.

“Selamat dan terima kasih banyak atas keberhasilan ini. Semoga kejayaan ini bisa berlanjut di pentas PORA Pidie tahun depan. Kita  selalu memberikan dukungan kepada atlet yang sedang bertanding di arena Pra-PORA,” katanya.

Menurut Ucok Sibreh–sapaan akrab Muhibuddin Ibrahim–, cabang atletik selama ini merupakan lumbung atau penyumbang medali emas bagi Aceh Besar di arena PORA. Bukti itu sudah mereka perlihatkan saat PORA 2018 lalu. Di mana mereka berhasil menyumbang 16 medali emas dan tampil sebagai juara umum.

“Mudah-mudahan, dengan persiapan lebih matang lagi tahun depan melalui Pelatda, cabang atletik mampu mempertahankan gelarnya dan tetap menjadi penyumbang medali emas. Kita yakin dengan kemampuan atlet kita ini,” pungkasnya.(ran)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved