Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Gubernur Aceh Diminta Alihkan Kembali Wewenang dan Aset Pelabuhan Labuhanhaji ke Pemkab Aceh Selatan

Koordinator LSM LIBAS Mayfendri SE, menyampaikan hal ini kepada wartawan di Tapaktuan, Senin (22/11/2021).

Penulis: Taufik Zass | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Koordinator LSM LIBAS, Mayfendri SE 

Koordinator LSM LIBAS Mayfendri SE, menyampaikan hal ini kepada wartawan di Tapaktuan, Senin (22/11/2021).

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan 

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Lembaga Independen Bersih Aceh Selatan (LIBAS), meminta Gubernur Aceh mengalihkan kembali aset dan wewenang pengelolaan pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji kepada Pemkab Aceh Selatan.

Koordinator LSM LIBAS Mayfendri SE, menyampaikan hal ini kepada wartawan di Tapaktuan, Senin (22/11/2021).

"Soalnya, sejak peralihan kewenangan dan aset oleh Pemerintah Aceh, kini kondisi pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji, seperti tidak berfungsi," kata Mayfendri. 

Ia melanjutkan, sejak pengalihan wewenang dan aset, kini jadwal sandar dan keberangkatan Kapal Feri dari dan ke pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji tidak jelas lagi.

"Banyak penumpang kecewa, karena jadwal keberangkatan Kapal Feri di pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji tidak jelas lagi," ujarnya.

Oleh karena itu, sambungnya, dalam tahun 2021 ini, Kapal Feri cenderung mengangkut penumpang rute Simeulue - Singkil, dan sebaliknya.

"Sehingga penumpang asal Aceh Selatan yang ingin menuju Simeulue harus terlebih dahulu menempuh perjalanan darat ke Singkil," kata May Fendri. 

Selain itu, tidak berfungsinya pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat.

"Sebelumnya, saat wewenang dan aset pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji dikelola Pemkab Aceh Selatan, ekonomi masyarakat di sana tumbuh pesat," ucapnya.

Tetapi sekarang, tambahnya, sejak diambil alih oleh Pemerintah Aceh, kini kondisi ekonomi masyarakat di sekitar pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji, turun dratis.

"Oleh sebab itu, kita meminta kepada Gubernur Aceh, supaya mengalihkan kembali wewenang dan aset pelabuhan penyeberangan Labuhanhaji kepada Pemkab Aceh Selatan," pintanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved