Breaking News:

Vaksinasi

Melihat Upaya Kreatif Pejuang Vaksin Berjibaku Yakinkan Masyarakat Lawan Covid-19

Sampai saat ini, jumlah masyarakat Aceh yang sudah divaksin dosis I mencapai 1,2 juta jiwa, dari sasarannya 4,2 juta jiwa. Sedangkan dosis II baru seb

Penulis: Ansari Hasyim | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, Kamis (18/11/2021) sedang bersama siswa dalam vaksinasi massal di SMKN 1 Peusangan. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Raut wajah Nurul Akmal tampak takut saat melihat jarum suntik berisi vaksin covid-19 menembus kulit lengan rekannya.

Saat itu Nurul, santriwati Dayah Mudi Mesra Samalanga, Bireuen masih terbesit kekhawatiran mendalam akan efek yang ditimbulkan setelah teman-temannya divaksin.

Namun anggapan dan rasa takut itu seketika sirna tatkala melihat teman-teman sebayanya yang telah divaksin baik-baik saja.

"Pada awalnya mau divaksin, ada rasa takut, tapi setelah beberapa santriwati yang telah divaksin, kondisinya sehat-sehat saja, rasa takut saya itu hilang dan langsung saya minta divaksin," ujar Nurul.

Selain gadis ini, beberapa santriwati lainnya mengaku datang ke lokasi konter vaksin tanpa ada paksaan, melainkan dengan kesadaran sendiri.

Kegiatan vaksinasi covid-19 di Dayah Mudi Mesra Gampong Putoh, Kecamatan Salamanga, Kabupaten Bireuen berlangsung, Selasa lalu (26/10/2021).

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 23 November hingga 6 Desember, Capaian Vaksinasi Jadi Indikator

Para santri atas kesadaran sendiri membentuk kelompok-kelompok kecil berjumlah 20 orang untuk satu kelompok. Penyuntikan vaksin kepada santri, dilakukan secara gelombang.

Setelah kelompok yang pertama selesai, baru masuk kelompok kedua dan seterusnya. Semua proses vakasinasi berjalan tertib di 19 konter vaksin yang di buka di kompleks Dayah Mudi Mesra, Samalanga.

"Santri laki dan santriwati yang divaksin umumnya berusia di atas 17 tahun dan mereka mau divaksin setelah kita berikan pemahaman tentang maksud dan tujuan dari vaksin tersebut," kata Pimpinan Dayah Mudi Mesra Samalanga, Tgk H Hasanoel Bhasry HG.

Selain untuk melawan virus corona, vaksinasi untuk kalangan santri dayah juga dinilai penting sebagai 'legalitas' untuk melanjutkan belajar ke jenjang pendididikan lebih tinggi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved