Breaking News:

Video

VIDEO Dibalik Keindahan Masjid Jamik Sulu Bayung Bireuen, Tersimpan Misteri Kayu Tiang Bangunan

Konon asal muasal kayu itu ditemukan hanyut di kuala Jangka, yang sebelumnya sempat dimimpikan seorang warga beberapa kali tentang keberadaan kayu itu

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Hari Mahardhika

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUENMasjid Jamik Sulu Bayung yang berlokasi di Kemukiman Cot Bada, Peusangan, Bireuen telah berdiri sejak era kolonial atau sebelum Indonesia merdeka.

Menurut keterangan dari warga bernama Tgk Ismail yang didampingi Keuchik Cot Bada Barat, M Jafar kepada Serambinews.com mengatakan, kayu tiang utama penyangga masjid ini memiliki cerita misteri.

Konon asal muasal kayu itu ditemukan hanyut di kuala Jangka, yang sebelumnya sempat dimimpikan seorang warga beberapa kali tentang keberadaan kayu tersebut.

Dalam mimpi, warga seakan diminta membawa pulang kayu tersebut untuk dijadikan tiang penyangga bangunan masjid gampong yang saat itu bernama Masjid Cot Bada.

Mendengar cerita mimpi itu, warga sekitar sepakat menamakan kayu tersebut dengan sebutan Sulu Bayung yang hingga kini masih belum diketahui artinya. Tiang Kayu Sulu Bayung pun kemudian diukir dengan tulisan kaligrafi.

Kayu Sulu Bayung awalnya ditempatkan di bagian tengah ruangan masjid, kemudian setelah beberapa kali direnovasi keberadan kayu itu dinilai tidak layak disatukan dengan ornamen desain modern. Sehingga posisi kayu Sulu Bayung dipindahkan ke samping bagian kanan masjid.

Pada tahun 2018 Masjid Cot Bada pun berganti nama menjadi Masjid Jamik Sulu Bayung.

Terlepas dari berbagai cerita misteri keberadaan kayu itu, masjid yang bediri di lahan seluas hampir satu hektar ini kini tampak semakin indah dan menjadi ikon kebanggaan masyarakat.

Masjid Sulu Bayung termasuk dalam 185 masjid di Bireuen yang dikunjungi bupati bersama para pejabat dalam kegiatan safari subuh. Dari 185 masjid di Bireuen, sudah sebanyak 132 masjid yang telah dikunjungi.

Narator: Ardiansyah
Video Editor: Hari Mahardhika

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved