Breaking News:

Video

VIDEO Empat Pasien ODGJ di Pidie Dilepakan dari Pasungan

Wadir Pelayanan RSUJ Aceh, Drg Syarifah mengatakanUmumnya pasien yang masuk ke RSUJ dikarenakan dampak kecanduan Narkoba dan para pecandu game online.

Penulis: Idris Ismail | Editor: Hari Mahardhika

Laporan Idris Ismail | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie bersama Rumah Sakit Umum Jiwa (RSUJ) Aceh, Senin (22/11/2021) petang melepas pasung empat pasien Orang Dengan Gejala Jiwa (ODGJ) di Kecamatan Batee, Pidie, Senin (22/11/2021) petang.

Adapun keempat pasien ODGJ yang dilepas itu masing-masing,  AW, NM, AS dan DM. 

Kepala Dinkes KB Pidie, dr Arika Husna kepada Serambinews.com, mengatakan, penanganan yang terbaik dapat melalui pendekatan lintas sektor, baik Keluarga, perangkat gampong serta pihak tokoh agama juga berperan besar dalam percepatan kesembuhan secara psikologis.

Menurut dr Arika, selama satu tahun terakhir, di Pidie terdapat 2.501 penderita ODGJ. Sebanyak 749 diantaranya telah mandiri dan selebihnya 412 masih tergantung dan 1.201 butuh bantuan.

Sementara itu Wakil Direktur Pelayanan RSUJ Aceh, Drg Syarifah Yessi MKes mengatakan, program bebas pasung  telah dilakukan sejak 2005 lalu hingga saat ini upaya bebas pasung terus dilakukan di berbagai Kabupaten/Kota di Aceh sebagai langkah percepatan penyembuhan jiwa.

Menurutnya banyak pasien yang masuk ke RSUJ dikarenakan dampak kecanduan Narkoba dan kalangan para pecandu game online yang terus 'Menggerogoti' otak dan jiwa masyarakat.

Narator: Ardiansyah
Video Editor: Hari Mahardhika

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved