Breaking News:

Berita Aceh Utara

Ma’had Aly Babussalam Gelar Kuliah Umum Bahas Aktualisasi Studi Tafsir, Hadirkan Dai dari Jawa Timur

Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Aceh Utara menyelenggarakan kuliah umum membahas aktualisasi studi tafsir di Ma’had Aly

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Da’i nasional dari Jawa Timur yang pakar dalam pemahaman Ahlusunnah wal Jama’ah, yaitu KH Muhammad Idrus Ramli menjadi pembicara dalam kuliah umum Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli, Aceh Utara, Rabu (23/11/2021) malam 

SERAMBINEWS.COM, ACEH UTARA - Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli, Aceh Utara menyelenggarakan kuliah umum membahas aktualisasi studi tafsir di Ma’had Aly dalam merespon berbagai tantangan aktual dalam studi tafsir di Indonesia khususnya dan dunia Islam umumnya.

Kuliah umum yang berlangsung pada Rabu malam 23 November 2021 ini dihadiri dua ribuan santri Dayah Babussalam dan mahasantri yang belajar di jenjang Ma’had Aly.

Diundang sebagai pembicara utama yaitu da’i nasional dari Jawa Timur yang pakar dalam pemahaman Ahlusunnah wal Jama’ah, yaitu KH Muhammad Idrus Ramli.

Wakil Mudir I Ma’had Aly Babussalam bagian Akademik dan Kelembagaan, Tgk Ahmad Burhanuddin Murad, M.Pd mengatakan bahwa kuliah umum ini diselenggarakan untuk memperkuat narasi dan wawasan santri dan mahasantri tentang tantangan, keniscayaan dan tahapan-tahapan dalam studi Tafsir di Ma’had Aly.

Baca juga: Tes SKB di Lhokseumawe Besok Hanya Berlangsung Dua Sesi, Ini Durasi Ujiannya

“Ma’had Aly Babussalam yang mengambul jurusan Tafsir dan Ilmu Tafsir bertekad untuk terus menggali khazanah dalam studi Tafsir sehingga kita membutuhkan pandangan-pandangan dari para pakar dalam bagaimana kita memperkuat kerangka studi Tafsir di Ma’had Aly ini, “ ujar ulama muda asal Palembang yang akrab disapa Tgk Murad ini.

Kyai Murad juga menjelaskan bahwa Ma’had Aly Babussalam yang merupakan Perguruan Tinggi khas dayah saat ini mendidik 200 mahasantri dan telah memasuki semester kelima dalam pembelajarannya.

Ia mengatakan bahwa diharapkan nantinya para mahasantri ini dapat menjadi ulama Aceh di masa depan yang dapat menjawab berbagai persoalan ummat.

“Jadi kita selenggarakan kuliah umum ini agar dapat membahani para mahasantri dan juga civitas akademika Ma’had Aly tentang bagaimana arah studi tafsir ke depan,” ujar Tgk Murad.

Tgk Murad juga mengucapkan terimakasih kepada Dewan Mahasantri Ma’had Aly Babussalam dibawah kepemimpinan Tgk Muhammad Fadli sebagai ketua serta pengurus lainnya yang telah menyukseskan acara penting ini.

Baca juga: Mahasantri Juara Lomba Menulis di Ma’had Aly Babussalam Terima Hadiah Kitab Tgk Syiah Kuala

Sementara itu, KH. Muhammad Idrus Ramli dalam paparan menyampaikan panjang lebar tentang pentingnya aktualisasi studi tafsir.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved