Breaking News:

Basri A Bakar Jadi Ketua Badan Kemakmuran Masjid Syuhada Lamgugob

Dalam waktu dekat, Basri merencanakan rapat kerja pengurus untuk menyusun program BKM baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

for serambinews.com
Sertijab - Ketua BKM yang baru Dr Ir H Basri A Bakar M.Si serah terima jabatan dari Ketua BKM yang lama Prof Dr Syamsul Rijal MAg di Masjid Besar Syuhada Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa (23/11/2021). 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dr. Ir. H. Basri A. Bakar, MSi terpilih sebagai ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Besar Syuhada Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, masa bakti 2021- 2026.

Dia menggantikan Prof. Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag. Acara pelantikan berlangsung di dalam ruang masjid setempat, bakda Isya, Selasa (23/11/2021) oleh imeum Chik Masjid Lamgugob Tgk. H. Muchlis Azis.

Sebagai Sekretaris BKM dipercayakan kepada Dr. Duskri, M.Kes dan Bendahara Dr. Ibrahim Jamil, MPd.

dilengkapi dengan 5 bidang, dengan Ketua Bidang Imarah Tgk. H. M. Kasim Yahya, SAg, Bidang Idarah Ust. Syauqi A. Majid SAg, Bidang Ri’ayah H. Aminullah, Bidang Humas dan Sosial Maslan SE dan Bidang Pembinaan Muslimah Dr Heliyati Fajriah.

Hadir dalam acara tersebut Keuchik Gp. Lamgugob, Amanullah SAg, Ketua Tuha Peuet Gampong Dr. H. Rusydi A. Hamid, imeuem chik yang lama Tgk. H. Burhan Ali, para ulee Jurong dan tokoh gampong.

Baca juga: Penjual Kelapa Muda Bacok Sopir Angkot hingga Tewas, Pelaku Tersinggung Ditagih Utang Rp 40 Ribu

Baca juga: Ketua DPRK Aceh Besar Minta Pemkab Kontrak Putra Daerah sebagai Guru di Pulo Aceh, Agar PBM Efektif

Baca juga: BKMT 3 Daerah Ini Raih Juara Lomba Dai-daiyah, Ini Pesan Gubernur Nova Iriansyah dan Ketua BKMT Aceh

Dalam sambutannya Ketua BKM terplilih berharap dukungan semua pihak demi kemajuan masjid Syuhada.

“Secara fisik, masjid syuhada sudah lumayan bagus, namun masih ada tugas berikutnya adalah bagaimana upaya kita memakmurkan masjid dengan jumlah jamaah yang lebih banyak, kebersihan, kenyamanan dan fungsi masjid secara lebih luas,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini jumlah masjid di Aceh hampir mencapai 4.000 buah terdiri atas masjid raya (tingkat provinsi), 23 masjid agung (tingkat kabupaten/ kota), 224 masjid besar (tingkat kecamatan) dan lebih dari 3.600 masjid jamik (tingkat kemukiman).

“Saya berharap Masjid Syuhada Lamgugob mampu menjadi masjid model tingkat Kota Banda Aceh dalam hal tata kelola kemakmuran, keuangan, administrasi, kebersihan dan program-program masjid, apalagi Masjid Syuhada pernah menjadi juara pada tahun 2016,” tambah Basri.

Dalam waktu dekat, Basri merencanakan rapat kerja pengurus untuk menyusun program BKM baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Sementara itu Imeum Chik H. Muchlis Azis dalam arahannya mengharapkan pengurus BKM yang dilantik dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan ikhlas tanpa pamrih, karena ini akan menjadi ladang amal yang akan dibalas dengan pahala berlipat ganda.

Dijelaskan, memakmurkan masjid perlu sinergi antara Bidang Imarah, Bidang Idarah dan Bidang Ri’ayah.

Selain tiga bidang tersebut, dibentuk dua bidang tambahan yakni Bidang Humas dan Sosial serta Bidang Pembinaan Muslimah.

Muchlis mengingatkan pengurus agar selalu mengedepankan musyawarah dalam memutuskan perkara atau hal-hal yang terjadi dalam lingkungan masjid.(*)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved