Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Ruas Jalan Antarkampung di Tenggulun Aceh Tamiang Terputus

Sejumlah ruas jalan penghubung antar-kampung di Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang terputus akibat genangan banjir.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Saifullah
Dok Kiriman Warga
Kawasan Blok II, Tenggulun, Aceh Tamiang dilanda banjir akibat intensitas hujan yang meningkat. Kondisi ini sudah berlangsung lima hari. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Sejumlah ruas jalan penghubung antar-kampung di Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang terputus akibat genangan banjir.

Kondisi ini dilaporkan warga sudah berlangsung sejak Minggu (21/11/2021) lalu, dan sejauh ini belum menunjukkan tanda-tanda surut.

“Justru kemungkinan tambah naik karena sekarang ini hujan deras lagi,” kata Datok Penghulu Kampung Tenggulun, Abidin, Kamis (25/11/2021) sore.

Abidin menjelaskan, tingginya debit air ini bukan hanya disebabkan curah hujan tinggi di daerahnya, tapi juga akibat banjir kiriman dari wilayah hulu.

Sejauh ini, diakuinya ketinggian air belum banyak menyentuh perumahan, tapi lebih terfokus pada ruas jalan utama dan Blok II yang merupakan pusat perkebunan kelapa sawit.

“Kalau rumah masih aman, hanya ada beberapa halamannya. Tapi tetap susah, apalagi mau ke kebun sama sekali tidak bisa,” lanjutnya.

Baca juga: Kerahkan Dua Alat Berat, Jembatan Putus di Tenggulun Sudah Bisa Dilalui

Terpisah, Camat Tenggulun, Dede Winata menambahkan, sejauh ini masih ada tiga titik ruas jalan utama yang belum bisa dilalui.

Yaitu jalan yang menghubungkan Kampung Simpangkiri ke Dusun Kermal, Simpangkiri ke Tenggulun, dan Tualangtukul ke Adilmakmur I.

Ketinggian air di wilayah ini bervariasi, namun dia memastikan belum bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

“Kondisi jalannya memang agak rendah, jadi hujan sedikit saja langsung tergenang,” tukas Dede yang sedang cuti usai pernikahan.

Dia memastikan kondisi ini sudah diketahui Kadis PUPR Aceh Tamiang dan sudah dimasukkan ke dalam program perbaikan berupa meninggikan badan jalan.

Baca juga: 18 Desa dalam Empat Kecamatan di Aceh Utara Masih Terendam Banjir, Begini Penjelasan BPBD 

“Mudah-mudahan kalau sudah ditinggikan, tidak tergenang lagi,” harap Datok Penghulu Kampung Tenggulun, Abidin.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved