Breaking News:

Berita Pidie Jaya

DMDA Pijay Launching Aplikasi MDA Cerdas, Bisa Tahu Kondisi Santri di Dayah, Begini Penjelasannya

Prosesi Launching Aplikasi tersebut dilakukan Kepala Dayah Aceh yang diwakili oleh Irwan SHI MSi yang juga  Kepala Bidang Santri.

Penulis: Idris Ismail | Editor: Nur Nihayati
SERAMBINEWS.COM / IDRIS ISMAIL
Kabid Santri Dinas Dayah Aceh, Irwan SHI MSi (tiga kanan) bersama Kepala Kankemenag Pidie Jaya, Ahmad Yani SPdI (tengah) dan Pimpinan DMDA Asbahani SSos MM (empat kanan) melakukan foto bersama usai Launching DMA Cerdas, Kamis (25/11/2021). SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL 

Prosesi Launching Aplikasi tersebut dilakukan Kepala Dayah Aceh yang diwakili oleh Irwan SHI MSi yang juga  Kepala Bidang Santri.

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBNEWS.COM, MEUREUDU  - Dayah Misbahudh Dhulam Al-Aziziyah Aziziyah(DMDA) Gampong Keudee Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay), Kamis (25/11/2021) melaunching Aplikasi MDA Cerdas yang berlangsung dalam komplek dayah setempat.

Prosesi Launching Aplikasi tersebut dilakukan Kepala Dayah Aceh yang diwakili oleh Irwan SHI MSi yang juga  Kepala Bidang Santri.

Selain itu juga turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pijay, Ahmad Yani SPdI,serta Muspika serta undangan dari kalangan para wali santri.

Pimpinan DMDA Gampong Keudee Lueng Putu,  Kecamatan Bandar Baru,  Pijay,  Tgk H Asbahani SSos MM kepada Serambinews.com, Kamis (25/11/2021) mengatakan, peluncuran Aplikasi MDA Cerdas ini sebagai upaya kontrol pi hak dayah terhadap kondisi ril perkembangan mutu pendidikan para santri yang selama menempuh pendidikan.

Baca juga: Sidang Perkara Kerumunan, Jaksa Bacakan Tuntutan kepada Selegram Aceh Herlin Kenza, Begini Isinya

"Aplikasi MDA Cerdas ini dapat diakses oleh segenap wali santri sehingga dapat diketahui akan kemampuan serapan ilmu pendidikan serta prestasi yang diperolah sehingga para wali dapat melakukan kajian serta evaluasi secara bersama demi peningkatan kualitas ilmu dan moralitas," sebutnya yang Dibenarkan Sekretaris dayah, Tgk Muhammad Nur SPdI.

Di usia ke tujuh saat ini, DMDA  ini pihaknya juga terus melakukan pembenahan dalam segala segi bidang pendidikan serta perkembangan dayah kepada segenap masyarakat.

Meski belum dapat di Upload di Playstore karena sampai saat ini baru sebatas dilakukan uji fungsi keakuratan dalam pengelolaan oleh tim dayah.

Sehingga dengan sendirinya dalam ring waktu satu bulan kemudian akses ini dapat terjamah oleh para wali santri.

"Ini seiring perkembangan tekhnologi era digital maka para wakil santri tidak perlu mendatangi dayah dan hanya dalam genggaman tangan dapat diketahui kondisi 'Si buah Hati' lewat informasi yang dikirim.oleh Aplikasi MDA Cerdas ke Gadget setiap wali, " pungkasnya. 

Sebelumnya, Kabid Satri Dinas Dayah Aceh, Irwan SHI MSi kepada Serambinews.com,  Kamis (25/11/2021) mengatakan, hadirnya aplikasi pengawasan ini (MDA Cerdas) patut mendapat apresiasi atas terobosan brilyan ini.

"Insya Allah saya sangat yakin dayah ini ( DMDA)  akan terus berkembang dengan seiring dunia perkembangan tehnologi dan wali santri tidak perlu lagi memantau anak anaknya dengan datang ke dayah maka cukup menerima informasi yang di kirim secara otomatis oleh aplikasi MDA Cerdas," tutupnya. (*)

Baca juga: Penjual Kelapa Muda Bacok Sopir Angkot hingga Tewas, Pelaku Tersinggung Ditagih Utang Rp 40 Ribu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved