Breaking News:

Berita Bireuen

DPMGPKB Bireuen Siap Fasilitasi Penyusunan Profil Gampong

Profil gampong penting dan setiap gampong harus ada, sehingga seluruh potensi dimiliki dapat dilihat secara luas.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok DPMGP-KB
Kepala DPMGPKB Bireuen Mawardi SSTP MSi, Rabu (24/11/2021) dalam pertemuan fasilitasi penyusunan profil gampong di aula lam Sekdakab Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Perangkat desa di Bireuen hendak menyusun.atau membuat profil gampong secara online, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen siap membantu memfasilitasi.

Kesiapan untuk memfasilitasi disampaikan Kepala DPMGP-KB Bireuen, Mawardi SSTP MSi, Rabu )24/11/2021) saat membuka kegiatan fasilitasi penyusunan profil gampong yang diikuti 20 peserta daari 20 gampong di aula Hotel Fajar, Bireuen.

Disebutkan, profil desa adalah gambaran menyeluruh tentang karakter gampong yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan dihadapi gampong.

Penyusunan dan pemberdayaan data profil desa merupakan salah satu program pemerintah, yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan.

Dengan pelaksanaan fasilitas profil gampong nantinya diharapkan, dapat tersedianya data dasar keluarga, potensi gampong dan tingkat perkembangan gampong yang akurat, komprehensif, dan integral di 20 gampong dari 17 kecamatan di Bireuen.

Baca juga: VIDEO Viral Rumah Mewah Senilai Rp 3 Miliar Ambruk, Pemilik Sempat Dengar Suara Aneh di Pondasi

Baca juga: VIDEO - Ismail Rasyid Cerita Kerja dari Awal sampai Bangun Perusahaan Raksasa Trans Continent

Ditambahkan, adanya pelatihan akan adanya  20 orang memahami cara pengisian aplikasi profil desa secara online, yang tersebar di 20 gampong, terwujudnya penyusunan profil di 20 gampong.

Mawardi mengatakan, dengan mengikuti kegiatan bagi peserta diharap ahli dalam mengisi dan membuat profil gampong secara online, sehingga seluruh potensi bisa tersajikan dalam profil gampongnya.

Dikarenakan terbatasnya anggaran, kegiatan ini hanya diikuti 20 orang peserta, dari total 609 gampong di 17 kecamatan di Bireuen.

"Bagi peserta usai kegiatan nanti membuat surat pernyataan kesanggupan menyajikan profil gampong secara online, DPMGP-KB siap memfasilitasi," ujarnya.

Pertemuan pelatihan diharapkan lahirnya  tenaga yang terampil menyusun profil gampong secara online. "Profil gampong penting dan setiap gampong harus ada, sehingga seluruh potensi dimiliki dapat dilihat secara luas, juga untuk pelaksanaan program," terang Mawardi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved