Breaking News:

Kapolres Cek Jeruji Besi Ruang Tahanan

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal pada Rabu (24/11/2021) mengecek kondisi jeruji besi ruang

Editor: bakri
DOK POLRES ACEH UTARA
Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal mengecek kondisi tahanan mapolres setempat, Rabu (24/11/2021). 

LHOKSUKON - Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal pada Rabu (24/11/2021) mengecek kondisi jeruji besi ruang tahanan di Mapolres setempat. Kapolres Aceh Utara juga memastikan kondisi para tahanan dalam keadaan sehat.

Saat pengecekan tersebut, AKBP Riza didampingi Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (kasi Propam) Ipda Dapot Situmorang dan Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) Sabhara Ipda Fery Suyatna beserta Anggota Satuan Sabhara dan Propam.

Baca juga: Kapolres Aceh Utara Silaturahmi ke Pimpinan Dayah Babussalam Matangkuli

Baca juga: Kapolres Aceh Utara Janji akan Rutin Periksa Hp Personel untuk Cegah Judi Online 

Baca juga: Kapolres Aceh Utara Pantau Vaksinasi Siswa di SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon

"Pengecekan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur dan sebagainya," ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, kepada Serambi, kemarin.

AKBP Riza mengecek mulai dari jeruji besi di dalam rutan, sampai jeruji besi yang terhubung ke fentilasi luar, guna memastikan tidak ada celah bagi tahanan untuk melarikan diri. 

Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal mengecek kondisi tahanan mapolres setempat guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal mengecek kondisi tahanan mapolres setempat guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Foto Dok Polres Aceh Utara)

Saat pemeriksaan tersebut, Kapolres Aceh Utara juga menanyakan kondisi tahanan, apakah dalam keadaan sehat dan menanyakan keluhan tahanan selama berada dalam rutan Polres Aceh Utara. Ini dilakukan guna memastikan kondisi tahanan dalam kondisi sehat.

Dalam kesempatan itu Kapolres Aceh Utara juga menekankan kepada petugas jaga tahanan agar terus meningkatkan kewaspadaan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

"Lakukan pengecekan dan kontrol tahanan setiap saat, jaga kebersihan, serta perhatikan makan dan olahraga tahanan, sehingga para tahanan tidak berpikiran macam-macam selama ditahan di rutan Mako Polres," pesan Kapolres Aceh Utara.

Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal didampingi Wakapolres Kompol Joko Kusumadinata dan Kasat Reserse Narkoba, Iptu Samsul Bahri memegang sabu yang disita dari bandar, Rabu (17/11).
Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal didampingi Wakapolres Kompol Joko Kusumadinata dan Kasat Reserse Narkoba, Iptu Samsul Bahri memegang sabu yang disita dari bandar, Rabu (17/11). (SERAMBI/JAFARUDDIN)

Ditambahkan, pengecekan ruang tahanan tersebut juga rutin dilakukan secara mendadak untuk memastikan agar petugas selalu waspada terhadap semua kemungkinan.

"Setelah kita cek tadi, jeruji besi dan juga ventilasi ruang tahanan dalam kondisi bagus, sehingga tidak perlu perbaikan. Tapi pengecekan mendadak akan terus dilakukan," imbuh Kapolres Aceh Utara.

Lebih lanjut, Kapolres Aceh Utara kepada Serambi juga menyebutkan saat ini jumlah tersangka dengan berbagai kasus dalam ruang tahanan tersebut mencapai 23 orang.

Mayoritas dari mereka terlibat dalam kasus narkoba. "Pada malam hari ada dua petugas yang berjaga di ruang tahanan tersebut dibantu juga dengan petugas provos," ujar AKBP Riza.

Baca juga: Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal Silaturahmi dengan Jurnalis, Sampaikan Pesan Ini

Baca juga: Kapolres Aceh Utara Kunjungi Ulama

Baca juga: Waled Landeng Minta Program Ulama Dapat Dukungan dari Kapolres Aceh Utara

Selain itu juga ada petugas piket dari Reserse Kriminal dan Reserse Narkoba, perwira pengawas (pawas) yang mengontrol tahanan setiap saat.

"Saya secara bergantian dengan Pak Waka mengecek, supaya membantu anggota juga, agar mereka lebih waspada, sekaligus mengingatkan petugas," pungkas Kapolres Aceh Utara.(jaf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved